Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Agustus 14, 2013
Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar - Sepertinya
ada kecendrungan proses pendidikan di lembaga sekolah berorientasi pada aspek
akademis semata. Segala upaya yang dilakukan pihak sekolah lebih terkonsentrasi
pada pencapaian target kurikulum dan nilai ujian nasional (UN).
Sebenarnya
kecenderungan ini sudah dapat kita rasakan sebagai orangtua anak. Nyaris tiap
hari anak membawa seabrek tugas dan pekerjaan rumah.
Kadang-kadang kita
kewalahan membimbing anak belajar di rumah saking banyaknya tugas yang diberikan
guru di sekolah.
Jika satu hari anak mempelajari tiga mata pelajaran, ketiga
gurunya memberikan tugas rumah yang tidak sedikit.
Anak
telah mengalami proses belajar monoton yang bersifat rutinitas di ruang kelas.
Lama kelamaan akan mendatangkan kebosanan pada
anak jika tidak dicarikan solusi variasi model pembelajaran.
Pun, bukan mustahil
rutinitas belajar monoton akan mengungkung dan mempersempit wawasan berfikir
siswa.
Idealnya,
pembelajaran di ruang kelas memerlukan fasilitas dan sumber belajar yang
memadai. Alokasi waktu belajar yang cukup untuk mempelajari suatu disiplin
ilmu.
Namun hal itu belum terpenuhi secara maksimal sehingga terjadilah model
pembelajaran yang bersifat rutinitas.
Pihak
sekolah perlu mendobrak tradisi rutinitas belajar di ruang kelas. Guru perlu memanfaatkan lingkungan sekitar
sekolah sebagai sumber belajar yang relevan dengan mata pelajaran.
Sementara
pimpinan sekolah mempermudah prosedur untuk mengizinkan siswa belajar di luar
lingkungan sekolah dan memfasilitasinya ke dinas atau pihak terkait dengan
sumber belajar siswa.
Manfaat
lingkungan dijadikan sebagai sumber belajar adalah:
1.Mengatasi kebosanan dalam belajar
Belajar
dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar akan meredakan kebosanan
siswa.
Mereka akan berhadapan dengan lingkungan dinamis yang berbeda dengan
lingkungan kelas yang sempit dan terbatas.
2.Memberikan suasana belajar yang unik bagi siswa
Variasi
belajar antara dalam dan di luar kelas akan memberikan suasana yang unik dan
mengasyikkan bagi siswa.
Ini akan meningkatkan gairah dan motivasi belajar siswa
untuk memperdalam materi pelajaran.
Tidak
banyak yang dapat dilakukan di ruang kelas yang sempit jika fasilitas dan
sumber belajar tidak memadai selain mencatat berbagai teori-teori disiplin
ilmu.
Dengan memanfaatkan lingkungan, siswa dapat menguji teori yang
diperolehnya dengan mempraktikkan langsung di lingkungannya secara nyata.
4.Siswa dapat belajar mandiri
Belajar
di luar kelas sesungguhnya memberi kesempatan kepada siswa untuk mandiri.
Mereka tidak akan banyak
tergantung kepada guru untuk menggali ilmu pengetahuan di lingkungannya.
Jika
anak mandiri maka tugas guru tidak akan semakin berat.
5.Memperluas wawasan berfikir siswa
Memanfaatkan
lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar akan memperluas wawasan berfikir
siswa tentang alam, sosial dan lingkungan sesungguhnya.
6.Meningkatkan prestasi belajar
Prestasi belajar siswa akan dapat ditingkatkan secara optimal bila memanfaatkan sumber belajar yang mendukung, termasuk lingkungan alam, sosial dan budaya.***