Upaya Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa
November 14, 2013
Upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa - Proses
belajar siswa di sekolah tidak selalu berjalan lancar sesuai harapan. Banyak rintangan dan kendala yang dijumpai
siswa untuk meraih prestasi belajar yang optimal. Salah satu hambatan yang sering terjadi adalah gangguan terhadap konsentrasi belajar siswa. Gangguan terhadap konsentrasi belajar siswa lebih dominan disebabkan oleh faktor psikologis.
Kenyataan ini agak menyulitkan guru mata pelajaran untuk melakukan pendekatan pemecahan masalah.
Konsekuensinya, setiap guru harus dapat berperan ganda, sebagai guru mata pelajaran sekaligus guru konselor.
Guru mata pelajaran perlu pula menguasai dasar-dasar dan teknik
konseling untuk mengatasi masalah belajar yang berkaitan dengan psikologis
siswa.
Selain
itu, guru mata pelajaran, guru kelas atau wali kelas harus dapat bekerja sama
dengan guru bimbingan dan konseling yang ada di sekolah.
Ini bertujuan untuk
memaksimalkan pendekatan pemecahan masalah konsentrasi belajar siswa.
Pendekatan
yang lazim dilakukan guru adalah pendekatan pemusatan perhatian. Perhatian
terbagi dua jenis, yaitu perhatian spontan dan tidak spontan.
Perhatian spontan
berasal dari dalam diri siswa, bukan karena adanya rangsangan dari luar.
Sedangkan perhatian tidak spontan timbul karena rangsangan dari luar.
Guru
perlu melakukan upaya untuk menimbulkan perhatian tidak spontan dalam proses
belajar di kelas.
Berikut adalah upaya dan cara alternatif yang dapat dilakukan guru:
1.Mengatur
bahan dan materi pelajaran yang akan disajikan sedemikian rupa sehingga dapat
mengundang perhatian siswa.
2.Menyajikan
bahan dan materi pelajaran dengan metode yang disukai oleh siswa karena memang
proses belajar untuk siswa.
3.Menghubungkan
materi pelajaran dengan pengalaman, fakta dan kenyataan hidup siswa
sehari-hari.
4.Menyajikan
materi pelajaran sesuai dengan taraf berfikir dan pengalaman batin siswa.
5.Menyampaikan
materi pelajaran dengan gaya bahasa dan vokal yang menarik.
6.Menampilkan
ekspresi dan sikap optimis, ceria dan bersemangat serta diselingi humor segar.
Tentu
saja, upaya di atas hanyalah sebuah tawaran atau alternatif untuk mengundang
perhatian dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
Admin yakin, sahabat
pengunjung memiliki ide maupun pengalaman dalam mengatasi rendahnya perhatian
dan konsentrasi siswa dalam belajar.
Silahkan mencurahkannya sepuas-puasnya
pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.***