Bertanya dan Menjawab Pertanyaan
Februari 08, 2014
Bertanya dan menjawab pertanyaan - Masalah
pendidikan, khususnya pembelajaran di sekolah, tidak akan pernah berhenti
dibicarakan orang. Pada tatanan dunia blogging, tema pendidikan tidak akan
pernah kering. Hal ini berkaitan erat dengan kendala dan tantangan yang
dihadapi guru dalam menjalankan proses pembelajaran di ruang kelas.
Ilustrasi gambar (freepik.com)
Siswa enggan bertanya ketika pembelajaran berlangsung, salah satu masalah yang cukup pelik dihadapi guru. Sebenarnya ini bukan masalah baru. Sesungguhnya sudah ada sejak zaman doeloe-nya.
Hanya saja, ketika teknologi pendidikan berkembang, masalah keengganan siswa bertanya maupun menjawab pertanyaan, menjadi sesuatu yang mendesak untuk dipecahkan.
Sebab, ciri khas pembelajaran modern adalah interaksi guru dengan siswa, siswa dengan temannya dan dengan sumber belajar.
Bertanya
atau menjawab pertanyaan merupakan dua aktivitas penting dalam pembelajaran.
Dulu pernah orang berceloteh, bertanya itu lebih mudah daripada menjawab
pertanyaan. Bertanya berarti hanya menuruh orang lain berfikir.
Kenyataannya
tidak demikian. Orang yang bertanya pasti membutuhkan pemikiran, pertanyaan apa
yang akan diajukan.
Menjawab pertanyaan apalagi. Membutuhkan pemikiran, jawaban
apa yang sesuai dengan pertanyaan yang dilontarkan orang.
Pendek
kata, bertanya maupun menjawab pertanyaan sama-sama membutuhkan suatu keterampilan. Keterampilan bertanya menyangkut
isi, cara dan sikap saat mengajukan
pertanyaan.
1.Isi Pertanyaan harus jelas dan mudah dipahami
Jelas
dan mudah dipahami bertujuan agar siswa dapat memusatkan perhatian pada masalah
yang sedang dibahas. Untuk mencapai tujuan ini, guru harus memberikan informasi
pelajaran yang cukup, jangan sebaliknya, guru sedikit memberi informasi
pelajaran namun pertanyaan yang diajukan cukup banyak dan luas.
2.Cara menyampaikan pertanyaan
Guru
memberikan pertanyaan dengan memberikan waktu yang cukup untuk berfikir kepada
siswa. Kemudian tidak mendesak siswa untuk menjawabnya dalam waktu yang
singkat.
Disini perlu kesabaran guru untuk menunggu jawaban dari siswa.
Pertanyaan
harus disebarkan kepada seluruh siswa. Jangan mengajukan pertanyaan hanya pada
siswa tertentu sehingga siswa lain merasa tidak diperhatikan.
Sebelum
mengajukan pertanyaan, pandangan guru harus mampu menyapu seluruh siswa.
Kemudian segera tunjuk siswa yang diinginkan untuk menjawab pertanyaan.
3.Respon guru
Yang
tak kalah penting dalam bertanya dan menjawab pertanyaan adalah respon guru.
Baik dalam menanggapi jawaban maupun pertanyaan siswa. Ini akan menumbuhkan
kepercayaan diri pada siswa.
Pujian secara verbal dan non verbal sangat penting
artinya bagi siswa. Disisi lain harus memberikan hukuman kepada siswa lain yang
terbiasa mencemooh temannya.***