4 Pertimbangan Memilih Metode Pembelajaran
Juli 12, 2016
4 Pertimbangan memilih metode pembelajaran – Metode pembelajaran adalah
teknik atau cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran
kepada siswa di ruang kelas. Teknik atau cara yang digunakan guru sangat
menentukan keberhasilan proses pembelajaran.
Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.id)
Guru tidak akan merasa asing dengan metode pembelajaran yang ada dalam dunia pendidikan di Indonesia. Banyak sekali metode yang sudah diketahui dan dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran.
Misalnya; metode ceramah, diskusi, tanya jawab, eksperimen, demonstrasi, pemberian tugas, resitasi dan lain sebagainya.
Metode ceramah merupakan metode paling popular di kalangan guru. Namun sebagian guru menganggap bahwa metode ini dianggap kurang baik dalam pembelajaran.
Guru lebih mendominasi pembelajaran ketimbang siswa dan mengurangi kadar aktivitas siswa dalam belajar. Hal ini ada juga benarnya, barangkali.
Metode pembelajaran yang
diidolakan adalah metode eksperimen. Jika tidak mungkin
melakukan eksperimen digunakan metode demonstrasi karena keterbatasan alat-alat
praktikum misalnya.
Ada pula yang beranggapan metode pemberian tugas dan
resitasi sangat bagus dalam pembelajaran. Hal ini juga ada benarnya.
Suatu metode pembelajaran
dikatakan efektif dan efisien dalam membelajarkan siswa sehingga menguasai
materi pelajaran.
Atau dengan kata lain, seberapa besar penyerapan informasi belajar
oleh siswa melalui metode pembelajaran yang digunakan.
Berdasarkan uraian di atas, ada
beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih suatu metode pembelajaran,
yaitu:
1.Karakter materi pelajaran
Setiap mata pelajaran memiliki
karakteristik tersendiri sehingga perlu disampaikan kepada siswa dengan
menggunakan metode tertentu.
Termasuk di dalamnya tujuan pembelajaran yang
hendak dicapai dari materi pelajaran tersebut. Misalnya mata pelajaran bersifat
eksakta lebih tepat menggunakan metode eksperimen atau demonstrasi.
2.Ketersediaan sarana belajar
Alat, sarana dan media yang
tersedia di sekolah sangat mempengaruhi penggunaan metode pembelajaran. Metode
eksperimen atau demonstrasi tidak mungkin digunakan jika penunjang metode
tersebut tidak tersedia.
3.Kemampuan dasar siswa
Kemampuan dasar siswa di
sekolah pedesaan berbeda dengan di perkotaan. Ini menjadi pertimbangan guru
dalam memilih metode pembelajaran.
Menggunakan metode resitasi dan tugas,
misalnya, bisa berjalan baik bila kemampuan dasar siswa berdiskusi cukup
memadai. Selain itu perlu keterampilan siswa berbicara dalam sebuah diskusi.
4.Alokasi waktu pembelajaran
Alokasi waktu yang tersedia dan
tercantum dalam kurikulum perlu dipertimbangkan oleh guru. Jika waktu tersedia
terbatas maka guru akan memilih metode sederhana seperti ceramah, tanya jawab
dan diskusi.
Ini tidak mungkin menggunakan metode eksperimen atau resitasi
karena metode ini membutuhkan waktu yang cukup.
Admin cenderung mengatakan
bahwa tidak satu pun metode pembelajaran yang bagus, kecuali sesuai dengan
pertimbangan-pertimbangan di atas. Setiap metode pembelajaran memiliki
kelebihan dan kekurangan.
Masalahnya terpulang kepada guru untuk memberdayakan metode pembelajaran yang dianggap baik dan sesuai. Terima kasih.***