6 Strategi Penting Sebelum Mengajar
Desember 29, 2016
6 Strategi penting
sebelum mengajar – Mengajar merupakan kegiatan guru
untuk membelajarkan siswa secara dinamis. Guru berusaha untuk menciptakan situasi dan kondisi
bagaimana siswa dapat belajar dengan baik. Hal ini tidak akan terwujud dengan
sendirinya tanpa strategi atau siasat khusus dari guru.
Ilustrasi gambar (pixabay.com)
Mau atau tidak, menghadapi siswa yang heterogen di dalam sebuah kelas, guru harus mengelola kondisi ini dengan penuh perhitungan. Tidak ada jaminan seorang guru akan sukses mengelola pembelajaran tanpa siasat sebelum proses pembelajaran berlangsung.
Sekurang-kurangnya ada
6 Strategi penting sebelum mengajar yang perlu dikaji ulang oleh guru untuk mencapai
tujuan pembelajaran, yaitu:
1.Memahami kurikulum
Kurikulum
merupakan pedoman utama bagi guru dalam menjalankan pembelajaran. Oleh sebab
itu guru perlu membaca, mempelajari dan memahami isi kurikulum dengan baik. Hasil kegiatan ini dituangkan kedalam perangkat mengajar sehingga siap dioperasionalkan di ruang kelas.
2.Menyiapkan perangkat mengajar
Perangkat
mengajar adalah persiapan tertulis yang dibuat dan dirancang guru sedemikian
rupa sehingga bisa diterapkan dengan baik di ruang kelas. Tentu saja perangkat
mengajar setiap guru akan berbeda meskipun strukturnya sama. Perbedaan ini
disebabkan oleh karakter siswa dan ketersediaan sarana belajar di suatu
sekolah.
3.Memilih metode pembelajaran
Metode
pembelajaran merupakan cara atau teknik guru dalam menyampaikan materi
pelajaran kepada siswa. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat dipilih
dan digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran.
4.Menyediakan media/sumber belajar
Media/sumber
belajar berfungsi untuk menunjang kelancaran proses belajar siswa. Dengan
menggunakan media belajar, siswa akan mudah menyerap materi pelajaran. Media belajar tidak mesti yang mahal dan canggih. Media belajar sederhana sekalipun akan membantu peserta didik dalam mencerna materi pelajaran yang disajikan.
5.Memahami karakter siswa
Mempelajari
karakter siswa menjadi kegiatan penting bagi guru. Keberhasilan pembelajaran
juga ditentukan oleh bagaimana karakter siswa dalam satu kelas. Dengan memahami
karakter ini guru dapat menentukan bagaimana corak pembelajaran yang akan
dijalankan.
6.Merancang penilaian
Semua
kegiatan pembelajaran diakhiri dengan penilaian. Kegiatan ini bertujuan untuk
mengetahui sejauhmana keberhasilan proses pembelajaran yang dijalankan. Selain
itu dengan kegiatan penilaian, guru dapat menganalisa proses yang sudah
berlangsung dan mempertimbangkan proses pembelajaran berikutnya.
Oleh sebab itu
penilaian perlu dirancang sedemikian rupa agar dapat mengukur apa yang hendak
dicapai. Analisa hasil kegiatan penilaian akan mengarahkan guru untuk mengambil tindakan selanjutnya, apakah perlu perbaikan (remedial) atau pengayaan materi pelajaran.
Baca juga : Kegiatan Penilaian dalam Pembelajaran
Demikian
6 strategi penting sebelum mengajar yang perlu
dipertimbangkan guru. Mudah-mudahan menambah inspirasi para guru untuk
mendiskusikannya.***