Mata Pelajaran Fisika Dianggap Sulit ?
Mei 11, 2014
Mata pelajaran fisika dianggap sulit? – Bukan lagi menjadi rahasia umum. Fisika dianggap sebagai mata pelajaran sulit
oleh sebagian besar siswa. Baik di sekolah menengah pertama (SMP) maupun
sekolah menengah atas (SMA).
Tidak
sedikit siswa yang menganggap fisika sebagai mata pelajaran yang menakutkan. Guru yang mengajarkan mata pelajaran fisika
dicap sebagai guru yang terlalu serius dan monoton dalam mengajar. Bahkan terkenal
angker! Benarkah?
Fisika
dianggap sebagai mata pelajaran rumus yang abstrak dan sering membuat kepala
siswa jadi pusing tujuh keliling. Jika sudah demikian, guru tidak bisa berharap
banyak terhadap hasil
belajar siswa. Tidaklah mengherankan jika nilai siswa pada mata
pelajaran fisika sering tidak bagus.
Nilai
ulangan harian siswa sulit mencapai batas nilai KKM (kriteria ketuntasan
minimal). Oleh sebab itu, sering kali guru menetapkan nilai KKM berkisar antara
70 sampai 74. Jika lebih dari angka ini, jarang siswa akan mengalami ketuntasan
secara klasikal maupun individual.
Keterbatasan
sarana dan prasarana pembelajaran fisika menjadi faktor pemicu sulitnya
memahami materi fisika. Mata pelajaran fisika membutuhkan metode eksprerimen
atau demonstrasi dan ini perlu didukung oleh alat-alat praktikum yang memadai. Namun
bukan berarti keterbatasan ini akan menjadi alasan bagi guru untuk menerima
kenyataan apa adanya.
Fisika
memang mata pelajaran yang dianggap sulit. Akan tetapi materi pelajaran fisika
sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, sebagian materi fisika itu
ada di lingkungan siswa sendiri. Sebagai contoh, grafitasi bumi adalah materi fisika di lingkungan sekitar meskipun bersifat
abstrak. Konsep grafitasi menjelaskan bahwa benda itu jatuh menuju pusat bumi,
bukan jatuh ke bawah, sebagaimana istilah yang lazim dipakai sehari-hari.
Masalahnya,
sampai dimana kemauan dan motivasi siswa untuk mempelajari lingkungannya
sendiri. Sejauh mana kepedulian guru untuk memberikan pemahaman kepada siswa
tentang materi pelajaran fisika.***