Memberdayakan Model Pembelajaran Forum Diskusi Kelas
September 29, 2016
Memberdayakan model pembelajaran forum
diskusi kelas – Ada pepatah lama yang menarik untuk
dicermati kembali. Tidak satu jalan ke Roma! Kiranya pepatah ini sangat pantas
dianut oleh setiap guru untuk berinovasi dan berkreasi dalam menjalankan
pembelajaran di ruang kelas.
Berinovasi dan berkreasi dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang sering dihadapi. Kadang-kadang perangkat pembelajaran telah disusun sebagus mungkin namun mengalami kendala dalam pelaksanaannya di ruang kelas. Itu pertanda bahwa perangkat pembelajaran yang telah dibuat guru belum aplikabel.
Sebagai
pengajar, pendidik dan pelatih dalam pendidikan, guru dapat memilih dan
melaksanakan strategi, metode, teknik dan model pembelajaran yang dapat diterapkan dengan baik di ruang kelas. Dapat diterapkan artinya sesuai dengan kondisi bagaimana karakter siswa di ruang kelas dan sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia.
Kalau begitu, jelaslah bagi kita bahwa tidak satupun strategi, metode pembelajaran, teknik dan model pembelajaran yang dianggap paling bagus, kecuali yang sesuai dengan:
(a). karakteristik materi pelajaran,
(b). kondisi
siswa dan
(c). ketersediaan sumber dan alat belajar.
Barangkali,
hal inilah yang menjadi alasan para ahli pendidikan. Banyak yang menyarankan
kepada guru untuk menggunakan multi-metode dalam pembelajaran. Masalahnya, sejauh
mana inovasi dan kreativitas guru untuk membaca strategi, metode, teknik dan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi di ruang kelas.
Forum diskusi kelas
Salah
satu metode yang dianggap baik dan bersifat universal adalah metode diskusi kelompok.
Metode ini dapat diterapkan dengan teknik pembelajaran yang mengarah pada model forum diskusi yang lazim digunakan oleh
masyarakat dalam bermusyawarah.
Pada
forum diskusi kelas, semua siswa berhak untuk mengeluarkan pendapat,
berkomentar, bertanya, menjawab
pertanyaan dan dan mempertanyakan jawaban dari temannya. Semuanya itu dilakukan
oleh siswa dengan mengikuti aturan yang diberikan oleh guru.
Untuk
menerapkan ini, harus ada tata tertib dan aturan berdiskusi. Bahan atau materi
pelajaran yang akan didiskusikan jelas dan tertata dengan baik. Dengan perumusan
hal-hal pokok ini guru akan mudah dalam mengelola forum diskusi siswa.
Manfaat
utama forum diskusi kelas bagi siswa antara lain, merangsang motivasi siswa untuk menggali, memahami dan mencari
alternatif pemecahan masalah yang sedang didiskusikan.
Selain itu, dan ini yang
lebih penting, dengan model pembelajaran forum diskusi,
siswa dilatih untuk mengemukakan pendapat dimuka umum dengan cara dan bahasa
yang santun. Berargumentasi dan bertutur kata di depan orang banyak dengan baik
dan sopan, saling menghargai, tidak saling menghujat dan saling menyalahkan.
Berdasarkan
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran forum diskusi kelas banyak sekali
manfaatnya untuk perkembangan sikap dan kepribadian siswa. Oleh sebab itu guru perlu memberdayakan model pembelajaran ini dalam menjalankan pembelajaran di ruang kelas.***