Penggunaan Papan Tulis yang Tepat

Penggunaan papan tulis yang tepat – Papan tulis di ruang kelas mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Barang inventaris kelas ini termasuk sarana belajar untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. 

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Oleh sebab itu sangat perlu memberdayakan sarana yang satu ini untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Namun demikian banyak yang menganggap sepele tentang penggunaan papan tulis dalam kelas. Padahal, keberadaan papan tulis yang dipajang didinding depan kelas ini ikut menunjang kelancaran proses belajar siswa. Papan tulis dapat berperan sebagai media pembelajaran penting.

Penggunaan papan tulis yang tepat adalah sebagai berikut:

1.Papan tulis sebaiknya digunakan untuk mencatatkan materi pelajaran yang penting saja. Hindari menyuruh siswa untuk menyalin materi pelajaran yang ada di buku pelajaran.

2.Saat menggunakan papan tulis sebaiknya guru tidak membelakangi siswa.

3.Tulisan hendaknya dapat dibaca oleh seluruh siswa dalam kelas, termasuk siswa yang bagian belakang sekalipun.

4.Posisi papan tulis harus berada pada posisi simetris di dinding bagian depan kelas untuk memusatkan seluruh pandangan mata siswa.

5.Jika papan tulis cukup luas, perlu dibagi dua atau tiga kolom saat menulis agar tulisan tidak terlalu memanjang ke kanan.

6.Hindari pantulan cahaya yang membuat papan tulis putih (whiteboard) terlihat mengkilap oleh siswa.
Dengan penggunaan papan tulis seperti di atas akan menjadi langkah kecil baik untuk mencapai proses pembelajaran yang baik.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel