5 Karakteristik Pendekatan Saintifik
Juni 20, 2016
5 Karakteristik pendekatan saintifik
– Kesempatan ini kembali akan dikemukakan masalah pendekatan saintifik dalam
proses pendidikan sesuai kurikulum 2013. Jika sebelumnya telah dibahas apa dan bagaimana pendekatan saintifik dalam pembelajaran, kali ini akan dikemukakan karakteristik pendekatan saintifik.
Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.id)
Pendekatan saintifik merupakan pola pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk membangun informasi belajar dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa.
Prinsipnya adalah bagaimana siswa belajar, mengenal, mengolah, memiliki dan mengkomunikasikan hasil belajar tersebut.
Bagaimana karakteristik pendekatan saintifik?
a.Berorientasi pada siswa
Prinsip
belajar adalah oleh siswa, dari siswa dan untuk siswa. Dalam hal ini, guru
mengupayakan bagaimana siswa mengenal, mengolah, menerima, dan
mengkomunikasikan informasi belajar.
b.Mengembangkan potensi siswa
Melalui
pendekatan saintifik, siswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya
terutama berfikir ilmiah dengan menerapkan kemampuan mengamati, bertanya,
menganalisa, menalar dan mengkomunikasikan hasil belajarnya.
c.Meningkatkan motivasi belajar
Siswa
akan termotivasi belajar jika tercipta suasana pembelajaran yang memberi kesempatan
kepada siswa untuk berlaku seolah-olah sebagai saintis muda.
Fenomena alam dan sosial dalam materi dan informasi
belajar akan menarik perhatiannya untuk diamati, ditelaah dan digeneralisasi
sehingga terjawab pertanyaan apa dan mengapa terhadap fenomena tersebut. Baca
juga: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
d.Mengembangkan sikap dan karakter siswa
Sumber
dan informasi belajar yang diamati dan dikenal siswa akan mengubah sikap dan
karakter siswa ke arah yang lebih baik. Perilaku dan kebiasaan buruk akan
merugikan orang lain dan diri sendiri.
Manusia adalah makhluk social dan tak
mungkin hidup sendiri sehingga perlu bersosialisasi dengan lingkungan alam dan sosial
dengan baik dan santun. Baca: Pendidikan Karakterdi Sekolah
e.Meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan hasil belajar
Kemampuan
mengkomunikasikan hasil temuan belajar sangat penting bagi siswa. Ini hal
tersulit yang sering dialami oleh siswa.
Oleh sebab itu pembiasaan dan latihan
secara berangsur-angsur perlu dilakukan oleh siswa melalui pendekatan saintifik
dalam pembelajaran.***