Mengefektifkan Lokakarya Sekolah
Juni 18, 2014
Mengefektifkan lokakarya sekolah
– Setiap penghujung tahun pelajaran, sekolah mengadakan semacam lokakarya atau
pertemuan kecil secara ilmiah. Dikatakan pertemuan kecil karena dihadiri oleh unsur-unsur
yang terkait dengan pendidikan anak di sekolah.
Lokakarya pendidikan di satuan pendidikan (Matrapendidikan.id)
Unsur terkait dimaksud adalah siswa (OSIS), guru, pimpinan sekolah, orangtua siswa (komite sekolah), dan unsur dari pemerintah setempat.
Pelaksanaan lokakarya dipandu oleh narasumber yang berasal dari sekolah itu sendiri atau pengawas dari tingkat kabupaten/kota serta pihak LPMP provinsi. Kenapa dikatakan lokakarya ini bersifat ilmiah?
Pertemuan ini akan membahas masalah ril yang dihadapi oleh sekolah serta mencari alternatif solusi pemecahan masalah yang dapat diterapkan dengan praktis.
Tujuan lokakarya adalah meningkatkan
kualitas pendidikan di sekolah, baik dalam aspek proses yang dijalankan maupun
aspek hasil yang diperoleh pada akhir tahun pelajaran.
Aspek proses meliputi
kualitas proses pembelajaran dimana tercipta pembelajaran yang efektif dan
efisien, menyenangkan dan hasilnya dapat dirasakan oleh siswa sebagai subjek
sekaligus objek pendidikan di sekolah.
Kegiatan utama lokakarya sekolah
adalah:
1.Evaluasi program
Dalam
lokakarya akan dikaji bagaimana pelaksanaan program pada tahun pelajaran
berlalu.
Semua masalah dan kendala yang telah dihadapi akan diidentifikasi
untuk diupayakan strategi pemecahannya.
Selain
itu, evaluasi program juga akan mengetahui program mana yang sudah berhasil dan
efektif terlaksana. Program ini akan dikembangkan lagi pada tahun pelajaran yang akan datang.
2.Menyusun program
Kegiatan
utama lokakarya adalah menyusun program dan kebijakan strategis untuk tahun
pelajaran yang akan datang. Prinsip
penyusunannya adalah terstruktur dan dapat diterapkan.
Program sekolah dibuat
tidak muluk-muluk namun praktis dan dapat dilaksanakan oleh semua pengelola
pendidikan di sekolah.
Mengingat
pentingnya kegiatan lokakarya sekolah, semua pihak terkait dengan pendidikan di
sekolah perlu lebih mengefektifkan, baik pelaksanaannya maupun hasil lokakarya
itu sendiri.
Artinya, lokakarya tidak hanya sekadar menjalankan program rutin
akhir tahun pembelajaran. Lokakarya hendaknya dilaksanakan secara efektif dan
efisien, berhasil dan berdaya guna.***