Sekilas Telaah Program dan Kebijakan Pendidikan Moral (1)

Sekilas telaah program dan kebijakan pendidikan moral - Mulai kesempatan ini admin blog matra pendidikan akan menyajikan topik pendidikan moral. Pembahasan masalah seputar pendidikan moral akan dimuat secara berseri. Tujuannya diharapkan agar dapat memenuhi sasaran pembahasan untuk pengunjung matra pendidikan yang budiman.

Ada 3 seri bahasan pendidikan moral yang akan diturunkan buat pengunjung dengan struktur pembahasan sebagai berikut:

1.Sekilas telaah program dan kebijakan pendidikan moral


Mari kita mulai bagian pertama dengan telaah program dan kebijakan pendidikan moral yang sudah dan sedang diterapkan di lingkungan sekolah. 

Menyimak perkembangan perilaku anak sampai hari ini. Kita masih prihatin dengan kondisi moral anak bangsa.

Perilaku menyimpang, melanggar etika dan norma sopan santun masih terbentang di hadapan kita. Seakan-akan mereka bangga dengan sikap dan perilaku menyimpang yang mereka lakukan. 

Tingkah laku dan perbuatan mereka, seakan-akan menunjukkan mereka tidak pernah mendapat pendidikan budi pekerti.

Padahal mereka cukup pintar dan memiliki kecakapan. Namun etika pergaulan sehari-hari semakin mengkhawatirkan orang tua dan masyarakat.

Adakah yang kurang terhadap program dan kebijakan pendidikan moral anak bangsa ini?

Jawabannya, tidak! Tidak ada yang kurang. Telaah-lah program dan kebijakan pembinaan akhlak dan moral anak. Begitu pula pembinaan karakter anak, sudah dicanangkan dan diterapkan sejak dulu.

Apakah semua program dan kebijakan tentang pendidikan moral masih sebatas teori dan pragmatis belaka?

Atau, penerapan dari program dan kebijakan itu hanya lebih banyak pada taraf sosialisasi (pemasyarakatan) ketimbang penerapannya?

Penerapan program dan kebijakan pendidikan moral masih separuh hati dan belum menjadi prioritas utama?

Coba tinjau kembali, dari jalur pendidikan PAUD, TK sampai jenjang pendidikan menengah atas. Tidak ada yang kurang dengan program dan kebijakan masalah moral anak.

Semua tingkatan pendidikan memiliki program bagus untuk mengembangkan akhlak dan budi pekerti anak. 

Pengembangan akhlak dan budi pekerti di sekolah dilakukan melalui kegiatan intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler.

Dengan langkah ini diharapkan terbentuk karakter baik di kalangan peserta didik. 
Program dan kebijakan pendidikan moral dirasa sudah cukup bagus. Lalu dimana letak dan akar permasalahannya? Insyaallah akan dikemukakan pada artikel berikutnya.

Nantikan pembahasannya pada artikel berikutnya di bawah judul, Memberdayakan Jalur Pendidikan Moral.***