Kegemaran Membaca di Era Informasi
Juli 10, 2014
Kegemaran
membaca pasca era informasi – Bagaimana kegemaran membaca
anak di tengah perkembangan teknologi media informasi? Sebagai orangtua,
tentunya kita merasakan betapa besar pengaruh kemajuan teknologi di bidang informasi.
Era informasi
Berbagai
informasi terkini dari belahan dunia sana sangat cepat dan mudah diakses
melalui media elektronik dan jaringan. Media elektronik seperti televisi, bisa
diakses dengan memilih berbagai chanel menarik. Anak hanya duduk manis di depan
media tersebut sambil menikmati tayangan kesukaan mereka.
Media
jaringan apalagi. Anak bisa mengakses berbagai informasi di dunia maya dengan
hanya bermodalkan mobile selluler polyponic.
Di satu sisi, hal tersebut berdampak positif terhadap penyerapan informasi
belajar bagi anak. Namun disisi lain telah mengurangi kebiasaan anak untuk
membaca buku.
Kebiasaan membaca buku
Buku
adalah gudang ilmu pengetahuan dan membaca adalah kuncinya. Keberadaan buku
masih belum tergantikan peranannnya oleh media informasi apapun yang berkembang
saat ini. Oleh sebab itu, kegemaran membaca buku masih relevan untuk
dikembangkan atau dibudayakan pada anak.
Rujukan
sumber belajar dalam strategi pembelajaran bukan melalui media internet. Sampai
sekarang buku-buku pelajaran pokok dan penunjang masih dominan dijadikan sumber
dan bahan belajar. Jika ada yang mencantumkan sumber belajar melalui internet,
itu hanya sebagai sumber belajar pendukung bagi siswa.
Pustaka sekolah
Berdasarkan
kenyataan tersebut, perpustakaan sekolah masih menjadi jantungnya sumber
belajar bagi siswa di sekolah. Pihak sekolah perlu terus memberdayakan
keberadaan pustaka sebagai basis pengembangan kegemaran membaca anak di era
informasi.
Baca juga: Menumbuhkan Budaya Membaca di Lingkungan Keluarga
Itulah sekadar pandangan seputar kegemaran membaca anak di era informasi global.***