Tantangan Hebat Pendidikan Karakter

Tantangan hebat pendidikan karakter – Di media masa cetak, elektronik dan jaringan, terlalu sering kita saksikan pola bertingkah dan berbicara orang dewasa sungguh menggelikan. 

tantangan,pendidikan,karakter

Dalam forum atau diskusi, mereka menunjukkan cara bicara yang kurang bagus di hadapan orang banyak, termasuk anak. Misalnya berbicara penuh emosi, berebut bicara, saling menuding dan menghujat.

Anak-anak sudah pandai menilai, zaman sekarang orang dewasa sudah mulai berani bicara sesuka hati di depan publik.

Mereka pasti bukan orang sembarangan. Justru orang-orang tergolong intelektual. Intelektual saja sudah begitu ngomongnya apalagi orang awam?

Itu hanyalah salah satu tantangan dalam mengembangkan pendidikan karakter anak. Bagaimana karakter anak akan tumbuh dengan baik jika orang dewasa tidak memberikan tauladan kepada calon pemimpin bangsa untuk sekian tahun mendatang?

Di lembaga sekolah dan pendidikan formal, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga.

Anak-anak diajari bagaimana bersikap dan bertingkah laku serta berbicara. Terhadap orang yang lebih kecil, terhadap kawan seusia dan terhadap orang yang lebih tua.

Menumbuhkembangkan karakter baik pada anak tidaklah semudah membalik telapak tangan. Meskipun tugas tersebut tidak hanya di tangan orangtua, pihak sekolah dan lingkungan masyarakat di mana berada. 

Orangtua berusaha sebaik mungkin menumbuhkembangkan karakter baik pada anak melalui contoh dan keteladan. Begitu pula melalui lembaga pendidikan di sekolah

Nilai-nilai karakter ditanamkan kepada peserta didik melalui mata pelajaran yang ada. Namun lingkungan sangat mempengaruhi tumbuhkembangnya karakter anak tersebut.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel