Mengidentifikasi Masalah Aktual Pembelajaran
September 29, 2014
Mengidentifikasi Masalah Aktual
Pembelajaran – Jika direnungkan dengan seksama, pembelajaran
yang berlangsung di ruang kelas termasuk kegiatan yang cukup unik. Guru
menghadapi sekian murid dengan latar belakang karakter yang berbeda. Mengendalikan
semua karakter tersebut dalam tempat dan waktu sama bukanlah pekerjaan mudah.
Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.id)
Karakter anak yang heterogen sering menimbulkan berbagai persoalan dalam mengelola pembelajaran. Jika tidak sabar, bisa jadi guru akan marah melulu dan “makan hati” menghadapi tingkah polah dan kelakuan siswa.
Inilah sesungguhnya yang mendasari ide penelitian tindakan kelas (PTK).
Keberadaan
sebuah kurikulum akan menjadi sebuah dokumen “mati” belaka jika tidak dilakukan
berbagai pembenahan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Sebaliknya, kurikulum
tersebut akan benar-benar potensial meningkatkan mutu pendidikan jika guru berperan
sebagai peneliti dalam pembelajaran.
Kegiatan
penelitian guru dimulai dari fakta masalah yang dihadapi guru dan proses
identifikasi permasalahan aktual yang dirasakan guru dalam mengajar.
Masalah adalah sesuatu yang tidak sesuai perencanaan dan keinginan guru
terhadap proses mupun hasil pembelajaran.
Misalnya: Siswa
sulit mencapai ketuntasan belajar ulangan harian pada mata pelajaran X konsep
Y.
Setelah
diidentifikasi ditemukan berbagai masalah seperti berikut ini:
a.Siswa
kurang antusias mengikuti pelajaran
b.Siswa
sering minta izin meninggalkan kelas
c.Siswa
tidak mau bertanya selama pembelajaran berlangsung
d.Ada
siswa yang sering bolos belajar
e.Siswa
sering ngobrol dengan temanya ketika guru menerangkan pelajaran.
Dari
sekian butir masalah yang berhasil diidentifikasi, guru tidak mungkin
menganalisa semuanya.
Oleh sebab itu perlu diambil permasalahan mana yang
paling pokok dan aktual serta bisa dicarikan solusinya.
Baca juga: Tujuan dan Manfaat PTK bagi Guru
Jika guru sudah menentukan permasalahan aktual dan penting, langkah selanjutnya adalah merencakan tindakan apa yang akan dilakukan pada pembelajaran berikutnya.***