Tips dan Cara Mengelola Pembelajaran Agar Efektif
Oktober 24, 2016
Tips dan cara mengelola pembelajaran agar efektif – Konsep dasar pelayanan publik sangat cocok untuk diadopsi dalam proses
pendidikan di sekolah. Memberikan sesuatu yang terbaik kepada yang dilayani. Memberikan pelayanan unggul kepada peserta didik dalam proses pembelajaran di ruang kelas.
Ilustrasi gambar (pixabay.com)
Menciptakan pembelajaran menyenangkan kepada siswa agar bersemangat mengikuti pembelajaran.
Siswa adalah orang yang mendapat pelayanan dari orang-orang dewasa dan profesional. Mereka butuh pelayanan ilmu pengetahuan.
Selain itu mereka juga memerlukan bimbingan sikap dan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Membutuhkan latihan dan keterampilan dasar yang diperlukan dalam hidup.
Guru
adalah orang dewasa yang memberikan pelayanan terhadap kebutuhan siswa dalam
proses pendidikan. Pelayanan itu diberikan secara alamiah, tulus dan ikhlas,
antusias dan profesional.
Dalam memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa
perlu semangat dan harapan yang tinggi. Dengan arti kata, guru harus tampil
dengan bekal memadai, cerah dan bersemangat dalam mengajar di ruang kelas.
Meskipun
demikian, konsep pemikiran di atas sering menemui kebuntuan dalam penerapannya.
Guru berkeinginan kuat untuk memberikan pelayanan terhadap peserta didik secara
optimal. Namun dalam penerapannya justru sering mengalami kendala. Apa kendalanya?
Guru berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada siswa. Namun keinginan guru tersebut sering berseberangan dengan kenyataan.
Seolah-olah siswa sendiri seakan tidak membutuhkan pelayanan dari
gurunya. Inilah permasalahan yang sering muncul dalam mengelola pembelajaran di
ruang kelas.
Sayang sekali, permasalahan itu jarang yang terungkap atau jarang diungkapkan. Guru merasa khawatir dikatakan tidak mampu mengajar atau kurang bisa mengelola pembelajaran.
Permasalahan tersebut sering didiamkan atau dipendam sendiri, seolah-olah tidak terjadi permasalahan apa-apa dalam pembelajaran yang dikelola.
Kondisi demikian di satu segi bisa dimaklumi mengingat setiap individu akan menutup rapat kekurangannya, apalagi yang menyangkut pelaksanaan pekerjaan.
Namun di sisi lain, kondisi demikian berdampak kurang baik terhadap perkembangan proses pembelajaran.
Baca : Mengapa Sulit Mengelola Kelas?
Terlepas dari kondisi di atas, setiap guru akan berusaha untuk mengelola pembelajaran agar berlangsung efektif dan efisien.
Bagaimana tindakan alternatif yang perlu diupayakan dalam menerapkan konsep mengelola pembelajaran dengan efektif? Ikuti tips dan cara berikut
ini:
1.Memanfaatkan sumberdaya fisik guru
Seluruh
alat indra dan anggota gerak tubuh berpotensi untuk mengelola pembelajaran
dengan efektif.
Misalnya, pandangan mata dan gerakan tangan bisa digunakan
untuk menegur siswa secara halus.
Begitu pula menggelengkan kepala sebagai
isyarat untuk menolak sikap siswa yang salah saat guru menerangkan pelajaran.
Ekspresi
anggota fisik guru, termasuk mengerutkan
kening dan alis mata, memiliki kekuatan untuk mengendalikan perilaku siswa dalam kelas. Suara keras dan
membentak hanya akan membuat siswa terkesima sesaat.
2.Menggunakan nada dan intonasi yang lugas
Bukankah
kita sangat tertarik dengan nada dan intonasi seorang penyiar berita di
televisi atau radio?
Kita dapat belajar dan berlatih menggunakan nada dan
intonasi berbicara. Memilih dan memilah kata secara bervariasi sehingga suara
guru tidak mirip bunyi lebah yang kalang kabut.
3.Mempersiapkan siswa untuk belajar
Adalah
penting untuk mempersiapkan situasi dan kondisi kelas sebelum memulai mengajar.
Siap pisik, mental maupun suasana ruang belajar.
Apakah suasana kelas sudah
tertata dengan rapi? Meja dan kursi sudah teratur?
Lantai kelas maupun papan tulis sudah bersih?
Siswa
yang akan menerima pelajaran harus dicek dan diteliti dengan cermat.
Apakah
siswa sudah cukup atau belum? Jangan-jangan
ada siswa yang bolos, atau terlambat masuk. Ini bisa menimbulkan masalah.
Jika
terjadi masalah dengan anak yang bolos, pasti guru yang disalahkan. Bila ada
siswa yang datang terlambat, akan mengganggu konsentrasi temannya.
4.Menguasai strategi pengelolaan kelas
Keberhasilan
guru dalam mengelola kelas tidak akan sama. Strategi yang digunakan oleh guru
juga berbeda-beda.
Namun pada prinsipnya guru memilih strategi yang benar-benar
dikuasai.
Jika tidak, semua tindakan yang diambil selama mengajar, bisa jadi
dianggap hanya sebagai lelucon oleh siswa.
Baca juga : Strategi Mengelola Mengelola Kelas dengan Baik
5.Mendokumentasikan masalah aktual mengelola kelas
Guru
perlu mendokumentasikan secara tertulis persoalan-persoalan yang sering
dihadapi selama mengelola pembelajaran.
Kemudian berdasarkan dokumen tersebut
berupaya untuk bereksperimen dalam mengatasi masalah.
Simak juga: Mengidentifikasi Masalah Aktual Pembelajaran
Disinilah pentingnya penelitian
tindakan kelas bagi seorang guru. Guru dalam mengelola pembelajaran tidak luput dari permasalahan.
Namun selalu terbuka kesempatan dan waktu untuk bereksperimen kecil-kecilan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan mengikuti pola metode ilmiah dalam pembelajaran secara bertahap.***