Fakta di Balik Lidah Manusia

Fakta di balik lidah manusia – Memang lidah tak bertulang. Lidah yang berbisa lebih tajam dari pisau. Dapat melukai hati dan susah dicarikan obatnya. Begitulah ungkapan-ungkapan popular tentang keberadaan lidah manusia

Lidah yang berbisa dapat melukai hati orang lain. Bahkan karena lidah juga bisa membuat si empunya lidah akan menderita. Oleh sebab itu nasihat orang tua, berkata peliharalah lidah. Nasehat ini sangatlah bijak untuk keselamatan hidup diri sendiri maupun orang lain.

Faktanya, lidah tidak mempunyai tulang. Andai kata lidah itu bertulang, alangkah sulitnya untuk difungsikan sebagaimana mestinya. 

Fungsi lidah bagi manusia adalah mengatur letak makanan di dalam mulut, membantu menelan makanan dan… sebagai alat berbicara. Dapat dibayangkan jika salah satu fungsi tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Tahukah sobat apa fakta di balik fungsi lidah manusia itu? Ternyata lidah manusia dapat mengendalikan rasa. Organ lidah manusia dapat mengecap 4 rasa larutan yang berbeda, yaitu; asin, manis, asam dan pahit.

Ujung lidah bagian luar peka terhadap rasa asin. Ibu rumah tangga dapat merasakan masakannya apakah sudah cukup garam atau kurang. Ujung lidah sebelah dalam peka terhadap rasa manis. 

Sementara itu bagian pangkal lidah peka terhadap rasa pahit. Rasa asam dirasakan oleh bagian tepi lidah.

Mengapa kita dapat membedakan semua rasa itu? Permukaan lidah dan langit-langit rongga mulut mempunyai saraf pengecap. Ujung saraf pengecap berlokasi pada kuncup-kuncup pengecap pada lidah yang menyerupai labu. 

Makanan yang dikunyah bersama air liur memasuki kuncup pengecap melalui pori-pori lidah.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel