Siapa yang Piawai Mengurus Rumah Tangga

Siapa yang piawai mengurus rumah tangga – Pada awalnya memang, rumah tangga dan anak di rumah diurus oleh seorang ibu rumah tangga. Sementara pimpinan rumah tangga, ayah, bertugas mencari nafkah hidup keluarga. Segala kebutuhan keluarga, termasuk biaya pendidikan anak dipenuhi oleh kepala keluarga.


siapa piawai,mengurus,rumah tangga

Dinamika perkembangan zaman telah menggiring tugas seorang istri tidak lagi berada dalam koridor rumah tangga. Di luar rumah tangga, seorang ibu juga memiliki profesi atau jabatan penting di lembaga pemerintah maupun swasta. 

Penghasilan isteri bisa jadi jauh lebih besar dari suami. Bukan main!


Ya, mungkin ini yang dinamakan emansipasi wanita. Zaman sekarang  tugas seorang ibu rumah tangga tidak hanya dalam koridor dapur, sumur dan kasur. Koridor dapur meliputi kegiatan menyiapkan segala kebutuhan keluarga yang berkaitan dengan makanan dan minuman.

Sedangkan koridor sumur terdiri dari aktivitas istri mencuci pakaian anggota keluarga. Koridor ini dapat digantikan oleh orang lain (pembantu rumah tangga). Tentu saja, koridor tugas yang tidak dapat dan tidak boleh digantikan oleh orang lain adalah koridor kasur.

Barangkali, permasalahan akan timbul dalam rumah tangga jika terjadi pertukaran tugas antara sang suami dengan sang istri. Sang suami mengurus rumah tangga sementara isteri bekerja di luar rumah untuk menopang ekonomi keluarga. 

Sepandai-pandainya mengatur dan mengelola kondisi ini, suatu saat pasti akan menimbulkan masalah. Strata sosial dan budaya di daerah tertentu menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tak lazim.

Bagaimanapun pesatnya perkembangan emansipasi wanita, tugas mengurus rumah tangga tetap dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Ini tidak dapat digantikan oleh orang lain maupun suami. 

Dari dulu sampai sekarang, sang isteri terkenal piawai dalam mengurus rumah tangga dan anak.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel