Atraksi Lomba Pacu Karung

Atraksi lomba pacu karung – Pacu karung adalah kegiatan lari cepat dengan kedua kaki dimasukkan ke dalam karung. Agar tidak melorot, kedua sisi karung yang licin harus dipegang oleh kedua tangan peserta.

Sepintas, orang sedang berlomba pacu karung ini melompat-lompat seperti hantu pocong yang sering disaksikan di film atau sinetron televisi.

Rupanya peralatan pacu goni tidak harus sebuah goni. Jika menggunakan karung disebut pacu karung. Karung dari plastik beras atau gula, juga bisa digunakan. 

Atraksi pacu karung ataupun pacu goni sering dipertunjukkan dalam perlombaan memperingati hari besar tertentu di lembaga sekolah maupun lembaga lainnya.
Karena berpacu lari menggunakan karung plastik atau goni, atraksi dalam perlombaan ini pasti menimbulkan kelucuan. 

Peserta yang tidak terampil membuat keseimbangan tubuh bisa saja jatuh berguling bersama karung atau goninya. Inilah yang sering menimbulkan gelak tawa para penonton.

Di SMP Negeri 4 Lintau Buo, lomba pacu karung ini diadakan sebagai rangkaian lomba outbound. Lomba ini dimulai dengan berpacu menuju rintangan berupa tali yang harus dilangkahi dan tidak boleh tersentuh oleh kaki peserta. 

Kemudian melangkahi palang halang rintang yang rendah namun disusun rapat. Selanjutnya berjalan di bawah tali dengan cara membungkukkkan badan ke belakang.
Rangkaian ini dilanjutkan dengan pacu karung antar peserta, tiarap di bawah tali dan diakhiri dengan membawa botol kosong di kepala tanpa dipegang. Membawa botol kosong di kepala ini yang paling tersulit dari semua rangkaian lomba outbound tersebut.***