Catatan Kecil Penutup Tahun 2014

Catatan kecil penutup tahun 2014 – Tahun 2014 tinggal menghitung jam dari sekarang. Namun demikian, masih banyak yang dapat dikerjakan dan direnungkan menjelang detik-detik pergantian tahun.

Untuk mengisi khasanah kegiatan tahun 2014 ini. Tentu saja, semua orang dapat melakukannya. Merenung dan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Pada kesempatan ini dikemukakan sekelumit catatan tentang  blog artikel pendidikan ini selama tahun 2014. Secara umum, matra pendidikan sudah mengalami peningkatan positif. 

Namun admin merasakan masih banyak sisi yang belum mengalami perkembangan. Yang menjadi sorotan adalah:

1.Artikel postingan

Secara kuantitas, artikel postingan blog matra pendidikan boleh dikatakan sudah memadai.  Namun secara kualitas artikel masih belum memenuhi target. Sulit membuat artikel yang berkualitas di mata pengunjung maupun search engine.

2.Desain blog

Tampilan blog masih belum konsisten, sering berganti template sehingga berdampak pada kinerja matra pendidikan sendiri. Penggantian template berulang kali menyebabkan keberadaan blog ini membuat mesin pencarian, social bookmark, dan layanan ping menjadi kebingungan. 
Baca kembali: Matra Pendidikan Ganti Template Lagi

3.Kegiatan blogging

Beberapa kegiatan blogging seperti blogwalking, membalas komentar pengunjung, belum bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti lemahnya koneksi internet, kegiatan di dunia nyata, dan lain sebagainya.

4.Pendapatan adsense

Pendapatan adsense sudah dapat dikatakan cukup memuaskan. Admin tidak terlalu banyak berharap terhadap besarnya earnings adsense mengingat kondisi blog yang dikelola. 

Harapan untuk menghasilkan pendapatan perlu juga disesuaikan dengan keadaan blog. Keadaan disini maksudnya adalah kualitas artikel dan lalu lintas pengunjung. 
Baca juga: Menuai PendapatanAdsense Sedikit Demi Sedikit
Demikian uraian singkat tentang catatan penutup tahun sekaligus sebagai evaluasi terhadap perjalanan blog matra pendidikan di tahun 2014.***