Cara Sederhana Menaikkan Nilai Klik Adsense
Januari 10, 2015
Cara sederhana menaikkan nilai
klik adsense – Pada kesempatan ini admin akan berbagi
sedikit pengalaman mengenai cara sederhana untuk meningkatkan harga klik iklan
adsense. Khususnya kepada sesama publisher yang; (a) sama belajar meningkatkan
pendapatan dari adsense, (b) trafik pengunjung masih belum memadai.
Ilustrasi gambar (pixabay.com)
Okelah kalau begitu. Menjadi publisher adsense (mungkin), menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang blogger. Kebanggan tersebut bukan mustahil memudar setelah mengalami berbagai kendala di tengah jalan.
Ternyata tidak mudah mendatangkan uang melalui program klik berbayar yang disediakan oleh google.
Jadi
publisher adsense ibarat orang berdagang atau berjualan di pasar. Kadang-kadang
ada transaksi jual beli dan menguntungkan. Kadang-kadang pula sudah duduk
seharian namun pengunjung dan pembeli sepi.
Pendapatan hari itu sangat
mengecewakan. Ini paling tidak menurut pengalaman admin matra pendidikan
sendiri. Bisa jadi hal seperti ini tidak berlaku bagi publisher lain.
Konon
banyak faktor penyebab pendapatan adsense kurang optimal dan tidak sesuai
harapan. Namun salah satunya akan dibahas pada saat ini, masalah nilai per klik iklan atau yang lebih
keren disebut cost per click (CPC).
Keluhan
umum biasanya adalah jumlah klik banyak namun harga per klik kecil. Sebenarnya
itu masih mendingan daripada jumlah klik sah yang terjadi sedikit, harga klik
iklan kecil juga.
Berbagai
cara yang dapat dilakukan oleh setiap publisher. Cara tersebut umumnya bersifat
relatif. Artinya, dengan cara yang sama belum tentu menghasilkan pendapatan
yang sama juga. Masih banyak faktor lain yang menentukan.
Berikut
3 cara sederhana untuk menaikkan harga klik iklan adsense:
1.Batasi jumlah iklan
Google
sudah memberi batasan jumlah maksimal unit iklan yang dipasang pada halaman
sebuah blog publisher. Misalnya; 3 iklan ads dan 3 iklan link. Kalau dipasang
semuanya bisa menjadi 6 unit iklan. Bisa penuh blog dengan iklan.
Namun
jika pengunjung blog belum memadai tentu beresiko terhadap rendahnya harga klik
iklan. Jumlah tayangan laman iklan semakin banyak sementara jumlah klik iklan
sedikit.
Oleh sebab itu pada sebuah laman blog lebih baik 1 atau 2 iklan saja
jika jumlah pengunjung tidak cukup seribuan per hari.
2.Menulis artikel yang kira-kira relevan dengan iklan
Menulis
artikel berkualitas dan bermanfaat tentu saja sangat dianjurkan. Namun tidak
banyak menolong jika artikel tidak berhubungan dengan ketersediaan iklan
adsense. Mungkin yang akan tampil adalah iklan layanan masyarakat, atau iklan
itu ke itu saja.
Memang
kita tak bisa menebak apa iklan yang tersedia di google. Survei ke blog tetangga melalui blogwalking
akan dapat memperoleh gambaran umum tentang iklan yang banyak tampil.
Ini dapat
sebagai pedoman untuk menulis artikel yang kira-kira relavan dengan iklan.
3.Mengurangi link halaman muncul di tab baru
Ini
agak aneh dari kelaziman. Membuat link muncul di jendela baru sebenarnya bagus untuk
menaikkan tayangan laman. Namun tayangan laman yang tinggi akan menyebabkan
laman iklan tampil banyak pula.
Hal ini menurunkan rasio tayang iklan jadi rendah dan berpengaruh terhadap nilai klik
iklan. Oleh sebab itu perlu dibatasi jumlah link muncul di jendela baru,
kecuali link internal dalam artikel.***