Memaknai Hari Pendidikan Nasional

Memaknai hari pendidikan nasional – Hari ini  tanggal 2 Mei 2015, bertepatan dengan peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas). Apa yang menarik perhatian di balik peringatan Hardiknas kali ini?  Salah satunya adalah tema yang diusung oleh pemerintah yaitu pencerdasan dan penumbuhan karakter pancasila.

Tema ini sangat relevan dengan upaya segenap insan pendidikan di negeri ini. Di samping membentuk generasi yang cerdas, juga mengembangkan budaya-budaya baik yang berlandaskan Pancasila. 

Realitasnya, antara kecerdasan otak dan karakter anak tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Perlu ada keseimbangan di antara keduanya.

Pendidikan merupakan salah satu ikon pembentukan sumberdaya manusia Indonesia. Dalam konteks pembangunan bangsa Indonesia, sumberdaya manusia berkualitas adalah yang memiliki kecerdasan dan karakter yang handal. 

Di satu sisi, membentuk generasi yang cerdas di otak tidak menjadi kendala berarti bagi segenap insan pendidikan.

Namun di sisi lain, pembentukan karakter yang baik masih menjadi persoalan yang mendasar dalam dunia pendidikan. Pendidikan karakter menjadi bahan yang fenomenal dalam pendidikan. 

Proses pendidikan seyogyanya lebih mengutamakan proses ketimbang hasilnya. Dalam proses ini akan terimplementasi karakter anak bangsa yang diinginkan.

Namun demikian, tugas pengembangan pendidikan karakter anak tidak hanya dibebankan pada proses pendidikan di sekolah.  Justru peran orang tua lebih strategis dalam membentuk karakter positif pada anak. 

Apapun gerakan pemerintah terhadap pengembangan pendidikan karakter, belum berarti banyak tanpa dukungan pendidikan di lingkungan keluarga. Karena keluarga adalah basis utama pendidikan karakter dan akhlak mulia.

Melalui peringatan Hardiknas ini, kita masih memiliki optimisme yang tinggi untuk membangun kecerdasan dan karakter Pancasila. Di lembaga sekolah maupun lingkungan keluarga Indonesia.

Dirgahayu Pendidikan Nasional!***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel