Pentingnya Keterampilan Menulis

Pentingnya keterampilan menulis – Bagi sebagian orang, menulis itu hanya sekadar hobi. Namun sebagiannya lagi, aktivitas menulis sudah menjadi sebuah profesi. Bahkan menjadi sumber penghasilan.  Baik penghasilan sampingan maupun sebagai pendapatan utama.

Terlepas dari itu, menulis menjadi sesuatu yang penting di zaman sekarang. Apakah ia seorang penulis atau tidak, keterampilan menulis harus dimiliki oleh setiap orang. Mengapa? 

Menulis adalah salah satu bentuk komunikasi bahasa verbal untuk menyampaikan gagasan atau ide kepada orang lain.

Seorang guru perlu memiliki keterampilan menulis meskipun ia tidak berprofesi sebagai penulis. Menyampaikan gagasan kepada orang lain melalui karya tulis dalam bentuk makalah, diktat, hand out, tulisan ilmiah populer, dan lain sebagainya. 

Hal ini menjadi salah satu unsur kegiatan pengembangan profesi guru.

Karya tulis ilmiah hasil gagasan guru dapat dipublikasikan melalui jurnal/buletin atau hanya publikasi terbatas di perpustakaan sekolah. Lebih luas, guru dapat mempublikasikan gagasannya melalui media cetak (surat kabar, majalah dan tabloid). 

Selain itu, guru juga bisa menempatkan hasil kegiatan menulisnya melalui media internet (blog). Jadilah ia seorang blogger guru yang membahas tema pendidikan.

Siswa perlu dibekali keterampilan menulis oleh guru. Tidak hanya oleh guru bahasa Indonesia. Semua guru perlu melatih bagaimana siswa menulis hasil pekerjaannya. 

Misalnya, menulis karya ilmiah remaja (KIR), menulis laporan praktikum, menulis hasil belajar pokok bahasan tertentu sebagai laporan pada diskusi kelompok.

Mahasiswa apalagi. Keterampilan menulis menjadi sesuatu yang sangat penting dalam setiap mengikuti mata perkuliahan. 

Pasti ada laporan kegiatan, makalah dan ringkasan atau review terhadap sesuatu kajian masalah. Di penghujung perkuliahan, mahasiswa akan menulis skripsi.

Begitulah, menulis menjadi sebuah kegiatan penting dalam tugas keseharian. Oleh sebab itu keterampilan menulis perlu dimiliki oleh setiap orang.***