Kegiatan Lokakarya Sekolah

Kegiatan lokakarya sekolah – Tahun pelajaran baru 2015/2016 bertepatan dengan bulan ramadhan 1436 H. Segala persiapan menyangkut tahun pelajaran baru dilaksanakan sebelum masuknya bulan puasa. Salah satunya bentuk persiapan itu adalah kegiatan lokakarya sekolah yang memilih waktu menjelang puasa.

Lokakarya pendidikan di sekolah (Matrapendidikan.id)

Kegiatan lokakarya diikuti oleh semua pengelola sekolah tanpa kecuali. Kehadiran pengelola sekolah tidak semata untuk mendengarkan pencerahan dari narasumber yang didatangkan dari kota/kabupaten. 

Lebih dari itu adalah mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan kelancaran proses pendidikan di sekolah selama satu tahun ke depan.

Kegiatan utama lokakarya adalah; 

(a). Evaluasi pelaksanaan program

Evaluasi dilakukan terhadap pelaksanaan program sekolah pada tahun pelajaran sebelumnya.

Dalam kegiatan ini akan dapat diketahui, apa yang telah berhasil dilaksanakan. Apa yang belum terlaksana dan harus dilaksanakan kembali tahun pelajaran berikutnya. 

(b). Merumuskan masalah dan merencanakan pemecahannya

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sekolah tahun berlalu akan didapat berbagai permasalahan.

Anggota lokakarya mengemukakan permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan tugasnya. Kemudian direncanakan pemecahannya untuk tahun pelajaran berikutnya.

(c). Menyusun program tahun pelajaran yang akan dihadapi

Evaluasi program dan masalah yang ditemukan akan menjadi dasar dalam penyusunan program sekolah untuk tahun pelajaran 2015/2016. 

Program ini menjadi panduan utama dalam melaksanakan proses pendidikan sesuai tugas dan fungsi masing-masing komponen pengelola sekolah.

Ada pun manfaat kegiatan lokakarya bagi seluruh warga sekolah adalah tersusunnya strategi penting dalam bentuk program tahunan yang dapat dilaksanakan oleh semua pengelola pendidikan di sekolah. 
Baca juga : Mengefektifkan Lokakarya Sekolah
Program ini tidak perlu yang muluk-muluk namun yang penting dapat dilaksanakan oleh semua komponen yang ada di sekolah.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel