Mengutip Buah Manis di Bulan Ramadhan

Mengutip buah manis di bulan ramadhan - Bulan ramadhan telah mulai kita masuki dengan menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya. Secara berangsur-angsur akan dipetik buah manis yang dijanjikan Allah SWT. 

Bagi yang sudah biasa melaksanakan puasa sunat di luar ramadhan. Puasa Senin dan Kamis atau puasa nazar. Tentu saja tidak akan mengalami masalah berarti ketika mengahadapi puasa hari pertama, atau puasa sepuluh hari pertama.

Kewajiban berpuasa memang khusus diwajibkan kepada orang mukmin sebagaimana firman Allah dalam Surat Al Baqarah 183. Orang mukmin adalah sebutan dari orang islam yang beriman. Salah satu tujuan panggilan berpuasa untuk meningkatkan nilai ketaqwaan kepada Allah SWT. 
Baca : Tentang Kewajiban Berpuasa
Banyak hal menarik yang pantas kita catat dan cermati tentang puasa di bulan ramadhan. Pertama, kita sudah diberi nikmat iman sebagai wujud kasih dan sayangnya Allah SWT. Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 

Mungkin di luar bulan ramadhan kita jarang beribadah di mesjid atau mushalla. Namun di bulan yang penuh ampunan ini, rumah Allah tersebut sudah mulai dipenuhi oleh hamba Allah yang akan menunaikan ibadah sunat di malam hari.

Kedua, ibadah di bulan ramadhan sangat istimewa. Di samping mendapatkan pahala berlipat ganda, juga akan dipetik nilai-nilai manis yang akan mempengaruhi kepribadian dalam kehidupan sehari-hari. 

Pola hidup sederhana, rasa solidaritas dan sosial, sikap empati dan simpati, saling menghormati dan silaturrahmi. Adalah beberapa buah manis yang dimaksud dalam artikel ini. Tentu saja buah manis ini menjadi modal besar bagi kita untuk menjalani hidup dan kehidupan ini secara rukun dan damai. 
Simak juga: Puasa Membentuk Karakter Pribadi Sederhana
Kegagalan dalam memetik buah manis puasa di bulan ramadhan ditandai dengan munculnya hawa nafsu yang lebih beringas, sikap egois dan mementingkan diri sendiri. Berpuasa hanya sekadar mengekang hawa nafsu, sekadar mengerem sikap dan perilaku yang tercela. Jika demikian, usai ramadhan semuanya boleh jadi akan semakin membabi buta…***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel