Renungan Kecil Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Renungan kecil menyambut bulan suci ramadhan – Ketika bulan Sya'ban sudah berada di penghujung. Bulan Ramadhan pun akan datang menyambut. Pertanda umat muslim di seluruh dunia akan memulai kewajibannya untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. 

Sebelum masuknya awal Ramadhan, kesempatan yang berbahagia ini akan diketengahkan sebuah artikel ringan sebagai bahan inspirasi bagi kita semua.. Barangkali, tidak ada salahnya kalau kita merenung kembali perihal kehidupan kita sebagai manusia. Untuk apa manusia hidup di dunia ini? 

Sebagai landasan dan pedoman bagi kita dalam menjawab pertanyaan seperti itu adalah Firman Allah SWT dalam Surat Adz Dzaariyaat ayat 56 yang artinya:
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Adz Dzaariyaat: 56)
Satu hal yang patut kita syukuri adalah nikmat umur dimana sampai saat ini masih diberi kesempatan hidup. Allah SWT masih memberi kesempatan berjumpa dengan bulan ramadhan tahun ini. Insyaallah.

Melaksanakan ibadah puasa wajib sebagai salah satu rukun islam. Menjadi salah satu bentuk pengabdian di antara sekian banyak pengabdian manusia kepada Allah SWT. Kita masih sempat menunaikan pengabdian tersebut dengan datangnya bulan Ramadhan.

Sementara, sahabat-sahabat kita telah duluan kembali ke kampung akhirat, kampung abadi seluruh umat manusia. Ada yang memang sudah berumur tua namun tidak jarang yang masih muda telah menghadap Allah SWT. 

Mereka tidak sempat lagi bertemu dengan bulan Ramadhan kali ini. Oleh sebab itu, sangat beruntunglah kita masih bisa mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT.

Dalam hidup manusia melakukan berbagai aktivitas yang berlangsung secara rutin. Hidup yang dijalani dalam rangka mengisi kehidupan dengan mencari nafkah dan bekal hidup di dunia maupun akhirat.  

Melaksanakan amanah yang dibebankan kepada manusia. Apa pun profesi dan jabatan seseorang, tidak lain dalam rangka mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT.

Oleh sebab itu, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia selalu berusaha menjalankan aktivitas dengan baik dan benar. Tujuannya agar semua yang dilakukan bisa menjadi ibadah yang imbalan utamanya tentu saja pahala dari Allah SWT.

Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, tentulah umat muslim membersihkan diri secara lahir maupun bathin.  Marhaban ya Ramadhan...***