Indikator Ginjal Anda Bermasalah

Indikator ginjal anda bermasalah – Apakah ginjal Anda sehat? Barangkali inilah salah satu pertanyaan yang penting mengenai kesehatan ginjal. Jika ginjal mengalami masalah dalam proses ekskresi sisa metabolisme, akan menimbulkan berbagai penyakit seperti: kencing manis, kencing batu, radang ginjal, dan lain sebagainya. 

Selanjutnya dapat disimak: Gangguan Umum pada Ginjal Manusia

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah. Penyaringan darah pada tahap awal berlangsung pada bagian badan glomerulus ginjal. Pada tahap ini dihasilkan urine primer. 

Dikatakan sebagai urine primer karena glomerulus tidak dapat menyaring zat yang larut dalam cairan darah seperti glukosa, asam amino, garam-garam dan urea. Zat ini akan menjadi endapan dan akan disaring kembali sehingga menghasilkan urine sekunder.
Simak kembali: Begini Proses Kerja Ginjal Manusia

Zat yang masih dibutuhkan tubuh akan dikembalikan ke dalam darah. Sisanya akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk air seni berupa 96% air, 1,5% garam, 2,5% urea dan ditambah dengan zat pewarna empedu.


Air seni dapat menjadi indikator ginjal bermasalah, di antaranya:

1.Air seni berwarna mencolok

Ginjal orang sehat ditandai dengan urine yang tidak berwarna atau berwarna kuning muda. Warna selain dari ini, menjadi pertanda ginjal telah mengalami masalah dalam menjalankan fungsinya.

2.Ditemukan zat yang masih berguna bagi tubuh

Zat yang masih dipergunakan oleh tubuh semestinya dikembalikan ke darah. Namun jika ginjal mengalami gangguan dalam menyaring darah, zat seperti gula dan protein akan ditemui dalam air seni.

Glukosuria atau yang lebih dikenal dengan penyakit kencing manis (diabetes mellitus). Adalah  adalah penyakit yang ditandai dengan adanya kadar glukosa dalam air seni. 

Kadar glukosa meningkat dalam darah karena kekurangan hormon insulin. Sel-sel nefron pada ginjal tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa sehingga dikeluarkan bersama air seni.
Berikutnya Anda dapat menyimak: Ciri Urine Orang yang Sehat
Demikianlah dua indikasi ginjal manusia mengalami masalah dalam menjalankan fungsinya sebagai alat ekskresi.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel