Siswa Perlu Konsumsi Buah dan Sayur

Siswa perlu banyak konsumsi buah dan sayur – Aktivitas belajar siswa semakin hari semakin padat. Ini terjadi karena sistem pembelajaran dan penerapan kurikulum pendidikan yang diterapkan di sekolah. 

Sistem pembelajaran memusatkan aktivitas belajar berorientasi pada siswa. Siswa harus banyak melakukan aktivitas belajar agar prestasi belajar meningkat (?)

Siswa tidak hanya mengikuti kegiatan pokok pembelajaran di sekolah dari pagi sampai menjelang sore. Di rumah, peserta didik berjibaku untuk mengerjakan tugas rumah dalam bentuk tertulis maupun pekerjaan tangan. 

Soal pekerjaan rumah ini, sudah cukup banyak siswa yang mengeluh namun terpaksa mereka sembunyikan.

Konsekuensi dari aktivitas belajar siswa adalah kondisi tubuh siswa harus dalam kondisi prima. Mereka harus mendapatkan cukup energi kimia dalam tubuh yang bersumber dari makanan dan minuman mengandung nutrisi memadai. 

Untuk memenuhi kebutuhan ini, sebelum berangkat ke sekolah siswa harus sarapan (makan pagi). Jika tidak sempat, siswa akan mengalami risiko tertentu selama mengikuti pembelajaran di sekolah. 
Simak kembali: Resiko Siswa Tidak Sarapan Pagi
Tubuh manusia memerlukan zat cair yang memadai untuk kelancaran metabolisme. Misalnya, proses pencernaan dan ekskresi. Cairan dalam tubuh akan berfungsi untuk memperlancar berbagai aktivitas metabolisme dalam tubuh. Maka tidak mengherankan jika tubuh menjadi lemas bila kekurangan cairan. Proses pencernaan dan ekskresi tubuh menjadi terganggu yang menyebabkan tubuh menjadi sakit.

Untuk melengkapi nutrisi penting untuk metabolisme tubuh, siswa perlu banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Sebagian besar mengandung zat cair yang dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. 

Selain itu buah dan sayuran mengandung zat dari berbagai vitamin dan mineral, dan zat antioksidan. Ini diperlukan untuk menunjang kebugaran tubuh siswa dalam melakukan aktivitas belajar yang padat.

Selain buah dan sayur, siswa perlu meminum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Air minum yang sehat dan higienis juga akan membantu proses metabolisme seperti proses pencernaan dan proses ekskresi oleh ginjal. 

Ginjal siswa akan terhindari gangguan kencing batu (batu ginjal). 
Jangan lupa simak kembali: Gangguan Umum pada Ginjal
Oleh sebab itu siswa perlu banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Jika orang tua di rumah tidak menyediakannya khusus untuk kebutuhan anggota keluarga, siswa dapat menyisihkan sebagian uang jajan untuk beli buah dan sayur. 

Tak perlu banyak, yang penting rutin dan berkelanjutan. Semoga semua siswa tetap prima menghadapi beban tugas belajar sehari-hari.***