5 Tips Ringan Mempersiapkan Ujian Penilaian Tengah Semester

5 Tips ringan Mempersiapkan ujian penilaian tengah semester – Penilaian Tengah Semester (PTS), atau dulu disebut Ujian Tengah Semester atau Mid Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021 untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah diperkirakan akan berlangsung minggu III September ini. 

Pelaksanaannya tidak persis bersamaan di seluruh Indonesia. Hal ini tergantung pada kalender akademik yang dikeluarkan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Semua siswa harus berbenah diri menghadapi ujian mid semester tersebut. Ujian Penilaian Tengah Semester ini tidak bisa dianggap enteng atau sepele. Justru ujian ini menentukan bobot nilai pada rapor hasil belajar siswa. 

Bagaimana mempersiapkan ujian Mid Semester ini? Simak terus ulasan berikut ini!

1.Periksa kembali buku catatan pelajaran

Buku catatan pelajaran berperanan penting untuk mengulang pelajaran di rumah. Berisi kesimpulan atau inti sari materi pelajaran yang diterangkan guru di sekolah. Atau memuat ringkasan materi pelajaran yang diambil dari buku sumber masing-masing mata pelajaran.

Nah, apakah semua buku catatan pelajaran sudah lengkap? Selain itu isi buku catatan itu apakah tidak ada yang ketinggalan mencatatnya?  Jika ada yang belum lengkap masih ada waktu untuk membenahinya.

Jika buku catatan di dirapikan dan dirawat dengan baik sejak awal belajar, berarti siswa telah mempersiapkan dengan baik PTS.

2.Ketahui nilai ulangan harian

Sebelum PTS telah dilaksanakan satu atau dua kali Penilaian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH) untuk semua mata pelajaran. Apakah ulangan harian itu sudah tuntas atau belum? Jika masih ada yang belum tuntas, selesaikan persoalan ini secepat mungkin. Temui guru mata pelajaran bersangkutan.

3.Tingkatkan frekuensi belajar di rumah

Mungkin sebelum ini siswa hanya belajar sekian menit saja, atau jarang mengulang pelajaran di rumah. Mulai saat ini segera tingkatkan frekuensinya. Sebaliknya kurangi frekuensi waktu untuk bermain-main. Meninggalkan pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan belajar siswa.

4.Menjaga kondisi fisik dan psikis

Menjaga kondisi fisik agar tetap sehat sangat penting dilakukan oleh siswa. Ujian mid semester perlu dihadapi dengan baik. Sulit mengerjakan soal ujian jika kondisi tubuh tidak sehat. Gangguan flu saja saat ujian sudah pasti mengganggu konsentrasi dalam menjawab soal ujian. 

Oleh sebab itu, siswa perlu mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Begitu pula cukup minum air putih. Tidur jangan terlalu larut malam. Olah raga rutin meskipun beberapa menit saja. 

Menjaga kondisi psikis tak kalah pentingnya dilakukan siswa. Soal ujian dapat dikerjakan dengan baik apabila konsentrasi dan pemikiran tidak sedang galau atau bebas dari berbagai permasalahan-permasalahan yang mengganggu pikiran.

5. Doa dan restu orang tua

Doa berperan penting untuk mencapai kesuksesan siswa. Oleh sebab itu selalu berdoa kepada Allah SWT seusai mengerjakan ibadah. Namun yang tak kalah penting juga adalah restu kedua orang tua. Doa dan restu kedua orangtua ikut menentukan langkah dan pekerjaan seorang anak.

Semoga pembahasan yang sederhana tentang  tips ringan mempersiapkan ujian penilaian tengah semester ini bermanfaat untuk siswa, orang tua siswa dan pengunjung blog ini pada umumnya.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel