Membatasi Masalah dalam Kegiatan PTK
Maret 19, 2016
Membatasi masalah dalam kegiatan PTK – Kegiatan guru yang cukup penting dan menarik di samping mengajar adalah
melakukan penelitian tindakan kelas
(PTK). Kegiatan ini menempatkan guru sebagai peneliti internal di ruang kelas.
Di samping sebagai pengajar dan pendidik, guru juga seorang peneliti internal.
Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.id)
Ruang kelas merupakan sebuah tempat yang istimewa. Kalau boleh dikatakan, proses yang berlangsung di kelas lebih unik dan dinamis. Ini jika dibandingkan dengan proses yang berlangsung di sebuah pabrik.
Proses yang berlangsung di ruang kelas merupakan interaksi timbal balik antara guru dengan siswa, siswa dengan temannya maupun siswa dengan sumber belajar. Proses ini berlangsung dalam waktu yang sama.
Di saat guru mengajar maka saat itu pulalah siswa belajar.
Namun
demikian proses belajar dan mengajar di ruang kelas tidak selalu itu berjalan
lancar.
Banyak ditemui permasalahan sehingga menjadi kendala dan hambatan dalam
perwujudan tujuan pembelajaran.
Permasalahan tersebut tidak hanya berasal dari
siswa, bahkan bisa juga bersumber dari guru.
Tidak
seorang guru pun yang bebas dari kendala dan hambatan dalam pembelajaran. Oleh sebab
itu, penelitian tindakan kelas (PTK)
memberi peluang kepada guru untuk merefleksi diri atas permasalahan yang
terjadi dalam pembelajaran.
Berangkat
dari permasalahan yang dirasakan, guru melakukan identifikasi permasalahan yang dirasakan. Mencatat dan mengagendakan butir-butir
masalah secara rinci sehingga ditemukan sekian butir permasalahan.
Semua
permasalahan yang terindentifikasi, tidak mungkin diselesaikan dalam waktu
singkat dan sekaligus.
Oleh sebab itu perlu dianalisa semua masalah yang sudah
diidentifikasi. Kemudian lakukan pembatasan masalah.
Pembatasan masalah didasarkan atas urgensi masalah. Mana
masalah yang paling penting, mendesak dan segera dicarikan solusinya segera.
Selain itu perlu juga dipertimbangkan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan PTK.
Pertimbangan matang dalam membatasi masalah yang akan diteliti akan mengantarkan guru
dalam mencapai tujuan dan manfaat PTK
ini.
Kegiatan PTK benar-benar dapat diterapkan sehingga menghasilkan sebuah
laporan kegiatan PTK.***