Strategi dan Cara Guru Meningkatkan Hasil UN Siswa
Oktober 25, 2016
Strategi dan cara guru meningkatkan
hasil UN siswa – Di luar sana, pasti sudah banyak
yang membahas bagaimana strategi dan cara meningkatkan hasil ujian nasional (UN) siswa. Namun diyakini pula kalau strategi dan cara yang dilakukan akan
berbeda satu sama lainnya. Mengapa demikian?
Setiap
sekolah memiliki karakter dan potensi yang berbeda sehingga tidak mungkin
diterapkan strategi dan cara yang sama. Yang membedakan strategi dan cara meningkatkan hasil UN antara satu sekolah dengan sekolah lainnya, antara lain; potensi
kemampuan akademis siswa, sarana dan prasarana belajar di sekolah, dukungan
atau partisipasi orang tua terhadap sekolah, dan lain sebagainya.
#Peran guru mata pelajaran
Guru
adalah ujung tombak penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Posisi ini
menempatkan guru sebagai ujung tombak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam UN. Guru mata pelajaran yang di-UN-kan
diyakini betul telah memiliki cara-cara eksklusif dalam mewujudkan target hasil
UN.
Guru
mata pelajaran tidaklah bekerja sendiri. Kepala sekolah sebagai pimpinan
mempunyai kebijakan tertentu untuk meningkatkan hasil UN. Baik kebijakan manajemen
mapun kebijakan teknis yang didasarkan atas strategi masing-masing guru mata pelajaran.
Peran
orangtua di rumah ikut menentukan keberhasilan strategi dan cara guru dalam meningkatkan
perolehan hasil UN. Terbukti sudah kalau pendidikan anak tidak hanya kewajiban
pihak sekolah melainkan juga peran orang tua di rumah.
#Strategi dan cara meningkatkan hasil UN
Berangkat
dari uraian di atas, maka banyak strategi dan cara yang dilakukan guru untuk memberdayakan
siswa dalam menghadapi ujian nasional. Berikut ini dibahas 5 strategi dan cara yang patut
mendapat penekanan dan perlu diterapkan dalam menggenjot perolehan nilai UN siswa:
1.Menganalisa potensi siswa
Siswa
yang duduk di jenjang pendidikan terakhir perlu dipetakan kemampuan
akademisnya. Pemetaan potensi ini dilakukan dengan berpedoman pada nilai rapor
siswa pada empat semester sebelumnya terutama mata pelajaran UN. Dengan cara
ini akan ditemukan kelompok siswa berpotensi tinggi, sedang, dan kelompok kurang.
Hasil
analisa kemampuan siswa menjadi pedoman dalam memberikan pelayanan pembelajaran
berikutnya dalam menghadapi UN. Hasil analisa potensi akademis siswa ini perlu
dilaporkan kepada pimpinan sekolah dan dibahas pada pertemuan majelis guru
dengan komite sekolah.
Simak : Menguasai Karakter Siswa dalam Pembelajaran
2.Memasyarakatkan program sekolah
Sekolah
merumuskan program sukses UN bertolak pada hasil analisis kemampuan siswa.
Selain itu juga didasarkan potensi lain yang dimiliki oleh sekolah. Strategi
dan langkah sukses UN disosialisasikan pada orang tua/wali murid. Tujuannya
agar orang tua siswa mengetahui dan berpartisipasi mendukung program sukses UN
yang dicanangkan sekolah.
3.Merubah strategi pembelajaran
Strategi
pembelajaran di tingkat kelas terakhir biasanya diubah, dari berorientasi pada
materi pelajaran ke orientasi ujian nasional. Otomatis dalam setiap
pembelajaran guru memiliki berbagai perangkat selain perangkat mengajar. Yang
dimaksud disini adalah kisi-kisi UN, contoh soal UN. Dengan demikian siswa
lebih banyak diberi soal-soal. Baik dikerjakan di sekolah maupun sebagai
pekerjaan rumah.
Simak juga: Strategi pembelajaran Efektif dan Efisien
4.Menambah jam belajar
Program
belajar tambahan dinilai cukup efektif selama ini dalam meraih hasil UN yang
memuaskan. Bentuk program ini dilakukan oleh sekolah pada sore khusus mata
pelajaran yang di-UN-kan. Biasanya pihak sekolah bekerja sama dengan lembaga bimbingan
belajar, namun ada yang murni dilaksanakan oleh guru mata pelajaran.
5.Mengadakan ulangan uji coba (try-out)
Ulangan
uji coba soal-soal UN dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran, sekolah, atau kelompok
sekolah dalam kabupaten/kota. Ulangan uji
coba oleh guru mata pelajaran dapat dilakukan sekali dua minggu atau sekali
sebulan. Tujuannya untuk memperoleh gambaran sejauhmana kemampuan siswa dalam
menyerap materi mata pelajaran.
Simak juga: Try Out Ujian Nasonal dan Manfaatnya
Kesimpulan
Hasil
UN yang diraih siswa sangat dipengaruhi oleh bagaimana perencanaan yang dibuat
oleh guru mata pelajaran. Perencanaan tersebut meliputi strategi dan cara
mempersiapkan siswa untuk menghadapi UN. Hal ini harus mendapat dukungan dari
pimpinan sekolah dan pihak orang tua dan komite sekolah.***