Rencana dan Persiapan Liburan Sekolah

Rencana dan persiapan liburan sekolah – Kemana rencana siswa pada liburan semester kali ini? Oh ya, mungkin saat ini sebagian siswa masih berkutat dengan ujian semester. Atau sebagian lagi sedang menjalani kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk kegiatan class meeting. Atau mungkin juga sudah menerima rapor semesteran.

Liburan (pixabay.com)

Kalau begitu, saat penerimaan rapor semester sudah di ambang waktu. Hasil perjuangan belajar selama semester ganjil akan diterima dengan penuh harapan.

Harap memperoleh nilai bagus untuk semua mata pelajaran. Bahkan ada yang harap-harap cemas akan prestasi atau peringkatnya di kelas.

Barangkali, sebagian siswa sudah membuat rencana untuk mengisi liburan sekolah. Liburan semester ganjil ini cukup pendek waktunya.

Kebetulan bertepatan dengan liburan tahun baru. Oleh sebab itu perlu mempersiapkan rencana liburan sekolah dengan seksama.
Baca : Tips Mengisi Masa Liburan Sekolah

Liburan semester yang tercantum dalam kalender pendidikan bertujuan untuk menyegarkan kondisi fisik dan psikis siswa.

Selain itu liburan menjadi momentum yang tepat untuk menerapkan ilmu yang diperoleh siswa di sekolah.

Kemudian siswa dapat mempersiapkan diri menghadapi pembelajaran semester berikutnya setelah menjalani masa liburan.

Bagaimana strategi merencanakan dan mempersiapkan masa liburan semester ganjil ini dengan baik?

Paling kurang ada 3 hal pokok yang perlu dipertimbangkan siswa dalam merencanakan kegiatan liburan. Ketiga pertimbangan itu adalah tempat liburan, bentuk kegiatan selama libur dan anggaran biaya liburan.

#Tempat liburan

Tempat berlibur perlu direncanakan oleh siswa. Apakah hanya di rumah saja, atau pergi ke tempat lain.

Pergi piknik bersama orang tua dan keluarga lainnya. Mengunjungi saudara, karib kerabat dan sanak famili di tempat lain.

#Kegiatan selama libur

Jika siswa berencana liburan sekolah hanya di rumah saja. Berarti siswa hanya merencanakan bentuk kegiatan yang dilakukan di rumah selama liburan.

Berkunjung ke rumah nenek, membantu orangtua, ikut organisasi di sekitar tempat tinggal, dll. Yang penting isi masa liburan sekolah dengan kegiatan positif dan bermanfaat untuk siswa.

Inti masa liburan sekolah adalah kegiatan apa yang bermanfaat dilakukan siswa selama liburan itu.

Jika memilih libur ke tempat lain, misalnya di tempat saudara, sanak famili, dan anggota keluarga. Kegiatan apa yang akan dilakukan? Misalnya mengunjungi tempat wisata.

#Anggaran finansial yang tersedia

Berlibur di tempat lain akan membutuhkan biaya. Oleh sebab itu perlu melibatkan orangtua. Apakah orangtua mengizinkan atau tidak.

Kalau mengizinkan apakah dibekali dengan anggaran biaya yang cukup atau tidak.

Kemana pun siswa berencana mengisi liburan sekolah perlu persiapan dan perencanaan yang baik.

Hal ini penting dibicarakan dengan orangtua agar tujuan liburan tercapai. Jangan lupa membawa buku meskipun itu hanya buku catatan kecil. 
Baca juga : Hari Liburmu? Bagaimana Jika Melakukan 4 Hal Sehat Ini?
Buku kecil ini untuk mencatat peristiwa penting yang terjadi dan dialami selama liburan.

Boleh jadi guru di sekolah menugaskan siswa untuk membuat karangan atau tulisan mengenai liburan sekolah.***