Manfaat Alat Peraga Model Gerhana dalam Pembelajaran
Februari 19, 2016
Manfaat alat peraga model gerhana dalam pembelajaran
– Pembelajaran IPA Fisika pada konsep tata surya seyogyanya lebih banyak
menggunakan alat peraga. Namun keterbatasan sarana dan prasarana, khususnya
media dan alat peraga megharuskan guru untuk melaksanakan pembelajaran verbal.
Pada
umumnya alat peraga tata surya berupa model atau tiruan dari bentuk aslinya.
Misalnya globe sebagai tiruan mini bentuk bumi. Model tata surya tiruan dari
kelompok tata surya di jagat raya.
Ada
pula model gerhana (planetorium) yang memiliki manfaat penting dalam
pembelajaran pada subkonsep gerhana matahari dan bulan.
Lalu apa manfaat
penggunaan model gerhana?
1.Mengubah pembelajaran verbal tata surya menjadi lebih konkrit
Pada
umumnya manusia di bumi hanya melihat benda langit yang terbatas. Melihat
terjadinya gerhana matahari dan bulan namun tidak melihat bagaimana proses
terjadinya.
Melalui model gerhana, peserta didik dapat mengetahui bagaimana
proses terjadinya kedua gerhana tersebut.
2.Menentukan arah putaran bumi
Bumi
melakukan rotasi, berputar pada porosnya. Berputar dari barat ke timur sehingga
matahari terbit dari timur ke barat.
Hal ini
dapat juga dilihat melalui peraga model gerhana.
3.Menunjukkan gerhana matahari
Bumi
dan bulan melakukan gerak rotasi dan revolusi.
Karena berotasi dan berevolusi, memungkinkan terjadinya posisi dimana matahari-
bulan – bumi berada pada satu garis lurus.
Ini akan menyebabkan terjadinya gerhana matahari karena bayangan bulan memasuki
piringan matahari yang tampak dari bumi.
Pada perga model tata surya, posisi
bulan berada antara bumi dan matahari. Perhatikan gambar di bawah ini:
4.Menunjukkan gerhana bulan
Gerhana
bulan terjadi karena bayangan bumi memasuki piringan bulan yang terlihat dari
bumi.
Posisi bumi berada antara matahari dan bulan dan membentuk garis lurus
atau sejajar seperti gambar berikut:
Dengan
menggunakan peraga model gerhana akan membuat sub-konsep gerhana matahari dan
bulan menjadi lebih konkrit.
Tentunya lebih menarik perhatian dan minat siswa
untuk mengikuti pelajaran IPA Fisika.
Jika
belum mempunyai peraga model gerhana, guru dapat menggunakan media gambar yang sudah
ada atau membuat sendiri di papan tulis.
Media gambar gerhana juga dapat
menarik minat siswa meskipun tak sehebat model gerhana.***