Bagaimana Pendidikan Impian di Masa Depan?
Maret 17, 2016
Bagaimana pendidikan impian di masa
depan? – Pendidikan merupakan salah satu sektor penting
dalam pembentukan sumberdaya manusia. Dapat dikatakan kalau kemajuan suatu
bangsa tergantung pada bagaimana bangsa itu membangun sumberdaya manusianya
menjadi berkualitas.
Pada hakikatnya sumberdaya manusia yang bermutu dalam konteks pembangunan Indonesia adalah manusia yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, sikap dan budi pekerti yang baik serta memiliki keterampilan handal.
Tentu saja, penerapan konsep sumberdaya manusia berkualitas butuh waktu dan proses yang panjang. Namun prinsipnya adalah secara bertahap, berangsur-angsur, berkelanjutan dan terorganisir dengan baik.
Sasarannya
adalah membenahi manajemen dan proses pendidikan itu sendiri. Sampai saat ini, berbagai upaya
telah, sedang dan akan dilakukan untuk mewujudkan manajemen pendidikan yang
berkualitas.
Dengan manajemen berkualitas diharapkan terciptanya proses
pendidikan yang berkualitas pula.
Lalu,
bagaimana pendidikan yang kita impikan di masa depan? Untuk menganalisa impian
ini kita perlu menelisik beberapa komponen yang berkaitan dengan proses
pendidikan, terutama sekali pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Berikut
adalah komponen penting memabangun pendidikan impian di masa depan.
1.Guru
Guru
adalah ujung tombak pendidikan. Pahlawan insan cendikia ini berinteraksi
langsung dengan anak didik melalui pembelajaran di ruang kelas.
Oleh sebab itu
guru impian di masa depan adalah guru profesional, merdeka berpikir dan kreatif.
Profesional
berarti menguasai dan kompeten di bidang tugasnya. Merdeka berpikir dalam
pengertian bebas berinovasi, bebas dari tekanan dan desakan.
Pendek kata, tidak
banyak beban psikologis maupun beban fisik. Kreatif berarti mempunyai naluri
kreativitas yang tinggi dalam menjalankan pembelajaran.
2.Kurikulum
Kurikulum
memang harus sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Artinya, kurikulum pendidikan harus mampu mengakomodasi perkembangan dunia terkini.
Namun
kurikulum impian di masa depan adalah kurikulum yang permanen, tidak sering
digonta-ganti, diutak-atik.
Guru
merasa nyaman dan tidak kebingungan dengan kurikulum yang ada. Bagaimana pun,
kurikulum itu akan dioperasikan secara ril oleh guru melalui pembelajaran.
3.Pembelajaran
Pembelajaran
itu sesungguhnya bentuk operasional dari sebuah kurikulum.
Tidak berarti
apa-apa sebuah kurikulum tanpa dioperasionalkan oleh guru melalui pembelajaran.
Pembelajaran
impian masa depan adalah pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa maupun guru.
Dengan demikian, tujuan pembelajaran tercapai dan hasil pembelajaran dapat
dimiliki dan dirasakan oleh siswa.
4.Sarana pendidikan
Sarana
pendidikan impian masa depan meliputi kelengkapan fasilitas dan alat/bahan
belajar. Dengan sarana pendidikan yang memadai akan membuat guru bergairah
mengajar,
kurikulum dapat dijalankan sebagaimana mestinya, pembelajaran
berlangsung efektif dan efisien.
5.Partisipasi orangtua siswa
Pendidikan
di sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak sekolah dan pemerintah.
Namun partisipasi orangtua siswa ikut menentukan keberhasilan sekolah dalam
memajukan pendidikan.
Anak
memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga di rumah. Perhatian dan kepedulian orangtua sangat berpengaruh terhadap proses belajar anak di rumah maupun di
sekolah.