3 Cara Jitu Agar Siswa Lulus UN

3 Cara jitu agar siswa lulus un – Lulus UN (ujian nasional) sudah menjadi keinginan semua siswa yang duduk di kelas terakhir setiap jenjang pendidikan. Lulus bukan hanya sekadar lulus dengan nilai seadanya. Melainkan lulus dengan nilai memuaskan.

Dengan demikian siswa bisa memilih sekolah yang lebih unggul atau favorit untuk melanjutkan pendidikannya.

Agar siswa lulus UN, sepertinya bukanlah sesuatu yang rumit. Kenapa dikatakan demikian? Lulus UN berbeda dengan lulus sekolah. Kelulusan UN ditentukan oleh nilai hasil ujian mata pelajaran yang di-UN-kan.

Sedangkan kelulusan siswa pada jenjang pendidikan ditentukan oleh sekolah bersangkutan. Kelulusan siswa dari jenjang pendidikan tertentu mempunyai syarat lain selain harus lulus UN. Misalnya lulus ujian sekolah dan nilai budi pekerti.

Nah, berikut ini adalah cara yang lazim dilakukan agar siswa lulus UN. Cara ini cukup jitu sehinnngga patut dibahas disini. Mari kita ikuti uraiannya.

1.Ikuti semua proses persiapan UN

Siswa harus mengikuti setiap proses dan langkah persiapan UN dengan baik. Proses UN dimulai dari persiapan ujian yang diadakan sekolah. Misalnya, ujian simulasi, pra-UN dan try out UN.

Masalahnya,  apakah siswa sudah mengikuti proses persiapan menghadapi UN ini dengan baik?  Perlu diketahui, kegiatan persiapan yang diadakan sekolah adalah cara bagus untuk melatih kesiapan siswa untuk mengikuti UN sesungguhnya.

Soal ujian simulasi, pra-UN dan try out dibuat berdasarkan kisi-kisi ujian nasional. Semakin baik siswa mengikuti semua ujian persiapan UN semakin baik hasil UN yang akan diperoleh sehingga memperbesar peluang siswa untuk lulus UN.

2.Jangan lewatkan program belajar tambahan

Pihak sekolah mengadakan program belajar tambahan yang biasanya diadakan setelah proses belajar reguler selesai. Program ini cukup bagus untuk memperkaya bekal siswa untuk menghadapi UN. Oleh sebab itu, jangan merasa letih untuk mengikuti program ini dengan baik.

3.Jika memungkinkan ikuti program lain

Siswa yang ingin lulus dengan nilai terbaik karena ingin melanjutkan ke sekolah unggulan atau sekolah favorit. Ada baiknya juga mengikuti program bimbingan belajar (bimbel) secara online maupun offline.

Atau paling tidak mengikuti les privat dengan guru atau orang yang dianggap cakap di bidang pelajaran tertentu.

Itulah cara jitu yang lazim dilakukan agar siswa lulus pada ujian nasional. Semoga menjadi inspirasi bagi siswa maupun orangtua siswa.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel