Sejauhmana Kesiapan Siswa Hadapi UN?

Sejauhmana kesiapan siswa hadapi UN – Siswa yang duduk di kelas terakhir pada setiap jenjang pendidikan, akan menghadapi ujian nasional (UN). Oleh sebab itu sejauh mana kesiapan para siswa untuk menghadapi pesta nasional bidang pendidikan tersebut?

Evaluasi terhadap kesiapan menghadapi UN perlu dilakukan siswa. Persiapan itu berkaitan dengan kesiapan fisik maupun psikis. Memang, siswa maupun orangtua siswa tak perlu terlalu khawatir asal persiapan UN dilakukan sebaik mungkin. 

Jaga kondisi fisik dan psikis. Ikuti semua aktivitas sekolah yang berkaitan dengan persiapan UN. Selain itu pahami juga bagaimana strategi menghadapi UN.

Mungkin saat ini siswa telah, sedang,  dan akan menghadapi berbagai ujian di sekolah. Katakanlah uji coba (try out) UN, Simulasi UN dan pra-UN.

Begitulah, ketika musim ujian tiba bagi siswa kelas terakhir. Siswa harus berjibaku menghadapi berbagai bentuk ujian dalam rangka menghadapi UN.

Semakin sering berlatih semakin mantap persiapan siswa. Inilah sasaran pihak sekolah untuk melakukan berbagai bentuk ujian menjelang pelaksanaan UN. Jika diikuti wahana latihan ini dengan baik semakin tumbuh kepercayaan diri siswa untuk menghadapi UN.

Siswa hendaknya jangan merasa terpaksa sehingga mengerjakan soal ujian simulasi, pra-UN dan tryout asal-asalan. Sebaliknya ikuti semua bentuk kegiatan ujian tersebut dengan baik dan tanpa beban.

Jika siswa sudah melaksanakan beberapa try out, simulasi dan pra-UN, kumpulkan nilai yang sudah diperoleh. Rekapitulasi semua nilai berdasar mata pelajaran. 

Dengan cara ini, siswa akan mudah melakukan evaluasi sejauhmana persiapannya menghadapi UN tahun ini.

Yang menarik perhatian adalah try out UN yang diadakan lebih dari sekali. Sebab, try out dilaksanakan oleh sekolah (try out sekolah), try out kabupaten/kota yang diadakan beberapa kali.

Soal try out sekolah dibuat oleh guru mata pelajaran UN di sekolah. Sedangkan try out kabupaten/kota dibuat oleh tim MKKS (musyawarah kerja kepala sekolah). Ini pasti akan menguras energi siswa maupun guru sehingga perlu pasokan energi tambahan untuk tubuh.

Sekarang kembali ke pokok persoalan, sejauhmana persiapan siswa hadapi ujian nasional yang sudah semakin dekat? Jawabannya dikembalikan pada setiap siswa yang akan berjuang menghadapi UN 2017.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel