Konten adalah Ruhnya Sebuah Blog (?)
April 22, 2016
Konten adalah ruhnya sebuah blog (?)
– Benarkah konten menjadi 'ruh' dari sebuah blog? Pertanyaan ini barangkali
hanyalah retorika belaka. Sebab para pengunjung, terutama para blogger mungkin sudah
mengetahui jawaban pertanyaan ini.
Apalah artinya sebuah blog yang didisain bagus tanpa memiliki konten, atau miskin konten. Blog hanya bagai sebuah kerangka bangunan rumah yang belum bisa dihuni. Kalau ada orang yang masuk. Mereka hanya melihat kerangka rumah yang tidak menarik.
Konten blog umumnya terdiri dari informasi dan hiburan. Informasi dari berbagai disiplin ilmu. Disajikan dalam bentuk berita, artikel, panduan/totorial, maupun karya sastra seperti puisi dan cerita fiksi.
Semua
itu tercakup dalam beragam topik seperti; pendidikan, kesehatan, teknologi dan
informasi, gadget, asuransi, dll.
Sudah
banyak kita baca tentang konten sebuah blog. Beragam pula pandangan terhadap konten yang berkualitas. Namun pada hakikatnya, konten berkualitas itu berisi informasi
yang dibutuhkan pengunjung.
Pengunjung
datang ke blog karena butuh informasi. Menambah pengetahuan dan wawasan, serta
mencari solusi terhadap suatu masalah yang dihadapi. Konten asli (original)
atau tidak, sepertinya bukan menjadi persoalan bagi pengunjung yang butuh
informasi.
Tidak
mudah memenuhi kebutuhan pengunjung. Namun kita berusaha untuk itu dengan cara
belajar dan terus berlatih. Membuat konten yang lebih baik sehingga blog
mempunyai 'roh' hidup.
Mengkaji
konten blog tidak terlepas dari dua
aspek penting yaitu, kuantitas dan kualitas. Dari segi kuantitas, agaknya
sebuah blog harus memiliki banyak konten. Namun perlu pula mengedepankan sisi
kualitasnya.
Agar
blog memiliki 'ruh', kita berusaha membuat sebanyak mungkin konten berkualitas. Baik
di mata pengunjung maupun mesin pencari.
Jika konten blog berada di halaman
pertama mesin pencari, maka boleh dikatakan blog akan memiliki roh
karena besar kemungkinan mendapat banyak kunjungan netter.
Seperti
diketahui, banyak cara pengunjung sampai pada sebuah blog. Namun yang paling
bagus, konon melalui mesin pencari, seperti google, yahoo, bing, ask, dll.
Pengunjung yang butuh informasi akan masuk ke sebuah blog dengan mengetikkan
kata kunci (keyword) tertentu pada
kolom pencarian search engine
tersebut.***