Upaya Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog
Mei 07, 2016
Upaya meningkatkan trafik
pengunjung blog – Kita sudah memaklumi kalau keberadaan
sebuah blog sangat ditentukan oleh pengunjung. Belum berarti banyak sebuah blog
kalau tidak, atau jarang dikunjungi oleh netter.
Blog hanya menjadi sebuah rumah kosong di tengah belantara hutan luas.
Ilustrasi gambar (pixabay.com)
Oleh sebab itu cukup beralasan jika setiap blogger akan berlomba-lomba untuk ‘mengundang’ pengunjung datang ke blognya. Melakukan berbagai upaya agar blog ramai oleh pengunjung.
Dengan kata lain, trafik pengunjung blog tinggi dan berdampak signifikan terhadap penghasilan blogger.
Sebenarnya sudah banyak tips dan cara di luar sana tentang bagaimana mendatangkan banyak pengunjung ke blog.
Tips dan cara yang mereka kemukakan pastilah berdasar pengalaman empiris dalam mengelola blog.
Persoalannya mungkin, sejauh mana kita belajar dari tips dan cara itu. Bagaimana menerapkannya di blog dan hasil yang sudah diperoleh.
Kesempatan
kali ini, juga dikemukakan pengalaman empiris sebagai upaya meningkatkan trafik
pengunjung.
Tentunya tips ini bersifat relatif sehingga lebih cocok disebut
upaya meningkatkan trafik (lalu lintas) pengunjung blog versi matrapendidikan.com
#Bagaimana pengunjung sampai di blog?
Ada
baiknya kita analisa kembali bagaimana seorang pengunjung datang ke sebuah
blog. Pengunjung sampai ke suatu blog dengan alasan dan cara tertentu.
Misalnya,
seorang pengunjung ingin mencari informasi tentang bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien.
Dengan alasan
ini, pengunjung memulai pencarian informasi dengan cara mengetik kata kunci (Keyword) tersebut pada kolom pencarian
di browser.
Nah,
blog yang bagaimana akan beruntung dikunjungi? Atau di blog siapa pengunjung
akan mendarat dan menemukan apa yang pengunjung cari?
Apakah hanya blog kita yang
berpeluang untuk mendapat kunjungan setelah pengunjung mengetik kata kunci
tertentu?
Ternyata
tidak hanya blog kita yang memiliki peluang untuk dikunjungi. Blog lain juga
memiliki peluang dengan kata kunci yang sama.
Bisa saja blog lain yang
beruntung mendapat kunjungan, sementara blog kita tidak sempat dikunjunginya.
Itu bisa saja terjadi.
Peluang
sebuah blog mendapat kunjungan tergantung pada posisi artikel di halaman
pencarian dan judul artikel itu sendiri. Mari kita bahas satu persatu.
1.Posisi artikel di halaman mesin pencarian
Seperti
diketahui, halaman pertama mesin pencari (misalnya google) memuat sekitar 10
judul artikel/blog.
Nah, jika posisi artikel kita berada di halaman pertama
mesin pencarian, maka besar peluang blog untuk dikunjungi.
Bukankah
pengunjung yang waktunya terbatas cenderung hanya membuka halaman pertama hasil
pencarian?
Kecil kemungkinannya pengunjung untuk membuka atau mengklik halaman
kedua, ketiga, apalagi halaman kesekian. Ini pasti memerlukan waktu lama
dalam browsing.
Peluang
di atas semakin besar lagi bila posisi artikel atau blog berada pada papan atas
halaman hasil pencarian.
Misalnya urutan pertama, kedua, ketiga…dan seterusnya.
Pengunjung boleh jadi beranggapan, artikel di urutan teratas adalah artikel
terbagus.
2.Ketertarikan pengunjung dengan judul artikel
Rupanya
memang, judul konten sangat menentukan trafik pengunjung. Judul yang menarik,
unik dan mengundang perhatian, cenderung memiliki peluang terbesar untuk
mendapat kunjungan.
Jika
artikel blog menempati urutan papan atas, maka yang lebih menarik, unik dan
mengundang perhatian yang akan di pilih oleh pengunjung.
Kecuali kalau
pengunjung ingin dan bersedia memeriksa satu persatu, deretan konten yang
relevan dengan kata kunci yang diketikkan.
Apakah
hanya itu cara pengunjung sampai di sebuah blog? Tentu saja tidak. Ada banyak
cara seorang pengunjung sampai di blog.
Yang sudah diuraikan di atas hanya
salah satu cara, namun cara itu konon dianggap paling bagus. Karena pengunjung
berasal dari mesin pencarian atau lazim disebut trafik organik.
#Darimana diketahui asal pengunjung?
Untuk
mengetahui asal pengunjung sebaiknya setiap blog dihubungkan dengan google analytics.
Dari data ini akan
diperoleh data akurat, termasuk asal pengunjung blog. Berdasarkan pengamatan
data tools webmaster google itu, ada
3 jenis media sebagai sumber trafik pengunjung blog.
1.Trafik organik (organic traffic)
Yaitu,
sumber lalu lintas pengunjung berasal dari mesin pencari (search engine) seperti google, ask, bing, yahoo, yandex, dll.
Bagi
yang mendaftar menjadi publisher adsense, trafik organik blog menjadi unsur
penting diperhatikan blogger. Maksudnya, persentase trafik organik lebih tinggi
dari sumber trafik lainnya.
2.Trafik langsung
(direct traffic)
Pengunjung
sampai di blog secara langsung atau tanpa perantara blog lain, dengan cara
mengetik alamat url atau nama blog di browser. Mengapa ini terjadi?
Jawaban
yang mungkin adalah karena pengunjung sudah hafal nama blog atau alamat url
blog tersebut.
3.Trafik rujukan
(referral traffic)
Pengunjung
sampai di suatu blog setelah mendapat rujukan di situs lain. Misalnya, ketika
berkunjung ke suatu blog dan meninggalkan komentar di sana.
Mungkin saja setelah
itu mendapat kunjungan balik dari adminnya melalui link yang ditinggalkan.
Trafik
rujukan juga berasal link artikel yang dibagikan pada halaman google+,
facebook, twitter, pinteres, linkedin, dan lain sebagainya.
#Apa upaya meningkatkan trafik pengunjung ke blog?
Sekarang
sampai pada pokok pembahasan bagaimana upaya meningkatkan lalu lintas
pengunjung ke blog.
Sekali lagi
dibatasi, ini adalah upaya meningkatkan trafik pengunjung blog versi
matrapendidikan.com.
Untuk
meningkatkan lalu lintas pengunjung blog, baik trafik organik, secara langsung
maupun situs rujukan dapat dilakukan upaya berikut ini:
1.Optimasi artikel
Optimasi
artikel adalah upaya bagaimana sebuah artikel postingan memenuhi kriteria SEO (search engine optimization) sehingga
artikel menjadi lebih Seo friendly.
Upaya ini sesungguhnya ‘membujuk’ search engine yang ada agar suka dengan
konten blog.
Dengan
harapan, artikel postingan bisa tampil minimal di halaman pertama laman
pencarian meskipun urutan terbawah. Ini memberi peluang untuk mendapat trafik
pengunjung.
Caranya,
tulis artikel semampunya, edit, optimasi dan terbitkan. Setelah itu lakukan
upaya selanjutnya.
2.Ping artikel
Ping
berarti memberitahu artikel ke situs bookmark agar artikel mudah di-crawl oleh robot mesin pencari.
Setiap
menerbitkan artikel baru, segera melakukan ping artikel, seperti ke;
pingomatics.com, totalping.com
3.Submit artikel
Setelah
menerbitkan artikel segera submit artikel ke situs bookmark seperti, imtalk.
Kemudian sharing juga artikel ke media sosial seperti; facebook, twitter,
linkedin, pinterest, dll.
4.Konsisten menulis artikel
Konsisten menulis konten blog cukup ampuh
mendatangkan pengunjung. Ini sudah diketahui oleh semua orang.
Namun konsisten
ini dimaksudkan mengupdate postingan secara berkala dan teratur.
Konon, mesin
pencari menyukai blog yang selalu memiliki konten yang fresh. Begitu pula pengunjung blog.
Tidak
mesti setiap hari menulis dan memposting artikel. Jika memiliki waktu dan ide
membuat konten setiap hari, tentu saja hal itu lebih bagus.
5.Berdoa dan tawakal
Apapun
upaya yang dilakukan oleh seseorang tidak luput dari 3 perkara ini; doa, usaha
dan tawakal.
Untuk mewujudkan suatu keinginan perlu doa dan diiringi dengan
usaha yang maksimal.
Hasilnya kita serahkan pada Yang Maha Kuasa. Termasuk
upaya meningkatkan trafik pengunjung blog ini.
Demikianlah
upaya yang dilakukan untuk meningkatkan trafik atau lalu lintas pengunjung ke
blog. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.***