6 Tips Mengelola Kelas dengan Baik
Juni 14, 2017
6 Tips mengelola kelas dengan baik - Mengelola kelas adalah tindakan guru untuk menciptakan suasana
agar pembelajaran berlangsung dengan baik. Tujuan pembelajaran akan
tercapai secara efektif dan efisien.
Ilustrasi gambar (pixabay.com)
Hasil belajar dapat dirasakan oleh siswa secara langsung sehingga terwujud pembelajaran bermakna bagi siswa.
Akan tetapi dalam praktiknya, mengelola kelas bukanlah pekerjaaan yang gampang bagi sebagian guru.
Teori-teori yang berlaku kadang-kadang tidak mempan ketika diterapkan di ruang kelas.
Guru masih saja mengalami masalah ketika menghadapi siswa di ruang kelas. Lalu apa alternatif upaya yang perlu dilakukan guru?
1.Memahami teori pembelajaran
Teori tentang pembelajaran
harus dikuasai namun tidak diterapkan mentah-mentah. Referensi digunakan dapat
dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa di lapangan.
Karakter siswa berbeda di daerah pedesaan atau perkotaan, sekolah unggulan dan
non unggulan. Itu artinya, mengelola pembelajaran tidak dapat disama-ratakan
caranya.
Misalnya ketika mengelola pembelajaran di kelas non-unggulan akan
berbeda dengan mengajar di kelas unggulan.
2.Menguasai materi pembelajaran
Guru harus menguasai materi
pelajaran yang akan diajarkan. Dengan demikian guru akan percaya diri berdiri di depan kelas tanpa
banyak melihat buku sumber.
Tersendatnya pembelajaran
sering disebabkan karena guru kurang menguasai materi pelajaran. Atau guru
tidak siap mengajar karena situasi dan keadaan tertentu.
3.Gaya mengajar yang khas
Yang tak kalah penting adalah
stil atau gaya mengajar yang ditunjukkan guru ketika menghadapi siswa di dalam
kelas.
Gaya mengajar meliputi penampilan, gaya dan cara berbahasa, serta sikap
guru. Pembelajaran akan mudah dikelola melalui unsur-unsur stil mengajar yang
disebutkan. Guru perlu memiliki stil mengajar yang khas.
4.Gunakan metode mengajar yang pas
Metode mengajar disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran dan peserta
didik. Metode ceramah digunakan bila guru yakin akan kemampuan berceramah cukup
memadai.
Akan tetapi jika tidak
memungkinkan, guru dapat menggunakan metode lain yang dianggap dapat memudahkan
dalam mengatur siswa dengan baik.
5.Kontrol disiplin belajar
Disiplin belajar dilaksanakan bersifat konsisten dan kontinyu. Ada aturan yang
jelas dan spesifik sebelum memulai maupun mengakhiri pembelajaran.
Misalnya,
pelajaran belum akan dimulai sebelum semua siswa berada dalam.
Kalau pelajaran sudah
dimulai, siswa yang terlambat tidak boleh masuk kelas. Konsentrasi belajar
akan buyar ketika siswa datang terlambat dan diizinkan masuk kelas.
6.Kesiapan siswa
Tidak memulai belajar kalau
siswa belum siap adalah langkah efektif untuk mengelola siswa.
Siap mental
menerima pelajaran, siap peralatan belajar seperi alat tulis, dan lain
sebagainya.
Minimal dengan 6 tips di
atas menjadi upaya berarti bagi guru dalam mengelola kelas dengan baik.
Tentu
saja masih banyak tips lain yang dapat dikembangkan dalam mengelola
pembelajaran. Namun semuanya tergantung pada daya kreativitas dan inovasi
masing-masing guru.***