Memanfaatkan Internet Sebagai Media Belajar
Maret 20, 2017
Memanfaatkan
internet sebagai media belajar – Dewasa ini media dan sumber belajar semakin
tanpa batas. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang informasi telah
memperluas media untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
Filosofi ‘alam tarkembang jadikan guru’ benar-benar menjadi sebuah fenomena nyata dalam kehidupan manusia sehari-hari.
Orang begitu mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Paling anyar adalah media jaringan internet yang menyediakan sumber belajar tanpa batas.
A.Media pembelajaran internet
Pembelajaran di sekolah tidak hanya mengandalkan guru sebagai sumber informasi satu-satunya.
Begitu pula buku pelajaran dan lingkungan sekitarnya. Internet menjadi media belajar paling praktis untuk melengkapi semua media dan sumber belajar yang sudah ada.
Guru
dan siswa lebih cepat memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk keperluan
belajar dan pembelajaran.
Fasilitas jaringan internet di sekolah, warung
internet (warnet), gadget (seluler, notebook, dan tablet) adalah wahana akses informasi
yang paling penting dalam pemanfaatan media internet dalam pembelajaran.
Masalahnya
sekarang, apakah para pendidik dan peserta didik benar-benar memanfaatkan semua
sumber belajar itu dengan baik.
Dengan kata lain, memanfaatkan media internet
secara efektif dalam menunjang proses pembelajaran.
B.Tugas rumah melalui internet
Sering
timbul pertanyaan tentang tugas rumah yang bersumber melalui internet.
Ada
sebagian orangtua merasa ragu ketika guru memberi pekerjaan rumah dengan sumber materi dari internet.
Memang,
para guru sering menugaskan siswa untuk membuat tugas rumah dengan bersumber
pada internet.
Itu boleh saja. Namun yang perlu diingatkan adalah fasilitas
internet tidak hanya di warung internet (warnet).
Fasilitas
internet juga ada di sekolah bahkan gadget yang dimiliki siswa. Jika dua
fasilitas itu belum memungkinkan, siswa boleh saja pergi ke warnet.
Siswa perlu
mematuhi ketentuan di warnet yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat.
Misalnya,
jika anak pergi ke warnet untuk mengakses informasi harus didampingi orangtua. Begitu
pula ketentuan waktu berkunjung ke warnet di kalangan pelajar.
Nah, siswa perlu
memperhatikan peraturan berkunjung ke warnet pada waktu jam belajar siang
maupun malam hari.
C.Akses internet melalui gadget
Berdasar
pengamatan dan analisa emperis, siswa berprestasi di sekolah cenderung memanfaatkan gadget sebagai media belajar mandiri di
rumah.
Mereka sering memperoleh tambahan informasi belajar dengan cara
berselancar di internet menggunakan mobile atau seluler, tablet, komputer
personal, dan perangkat lainnya.
Jika
guru menugasi siswa membuat tugas rumah tertulis
atau laporan ilmiah, mereka cenderung menggunakan gadget yang dimiliki. Untuk
mencetak berkas tugas, siswa pergi ke percetakan terdekat dari rumah.
Namun ada
juga orangtua yang sudah menyediakan fasilitas printer pribadi di rumah.
Berdasarkan
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media internet menjadi sumber belajar
yang cukup efektif bagi siswa maupun guru.
Namun penggunaan media tersebut
perlu mempertimbangkan ketentuan agar tidak menyimpang dari tujuan semula.***