Program Literasi Berbasis Kelas
Juli 19, 2016
Program literasi berbasis kelas – Ketika datang ke SMA Negeri 3 Batusangkar dalam rangka mengantar anak di hari
pertama sekolah. Berbagai informasi dan pencerahan tentang sekolah dikemukakan
oleh pihak sekolah pada orangtua siswa.
Mading kelas (Matrapendidikan.id)
Orangtua siswa dapat mengenal lingkungan sekolah. Lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Termasuk program dan cara belajar yang akan berlangsung di sekolah.
Selanjutnya, semua fasilitas belajar dan personil tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah.
Program literasi kelas
Yang tak kalah menarik dari sekian banyak informasi dari pihak sekolah adalah program literasi. Sebuah program penting dalam rangka menumbuhkan budi pekerti siswa melalui aktivitas membaca.
Program literasi di sekolah unggul di kabupaten Tanah Datar itu berbasis kelas. Penerapan program literasi dimulai dari setiap kelas pada sekolah di kawasan Bukit Gombak itu?
Setiap
kelas dibawah koordinasi wali kelas membentuk komite kelas. Komite kelas ini
menjadi perpanjangan tangan sebuah kelas kepada komite sekolah. Peran lain
komite kelas adalah mendorong program literasi di setiap kelas.
Pustaka mini dan mading kelas
Salah
satu wujud kepedulian komite kelas terhadap program literasi berbasis kelas adalah
membuat pustaka mini dan mading kelas. Pustaka mini dan mading akan ditempatkan
pada bagian belakang ruang kelas.
Siswa
dapat memanfaatkan waktu luang untuk membaca di pustaka kelas. Kegiatan ini
akan berlanjut ke dalam proses belajar mengajar.
Terutama guru bahasa
Indonesia, akan memberi tugas pada siswa untuk me-resume, menceritakan kembali isi bacaan yang sudah dibaca oleh
siswa.
Kontribusi komite kelas
Sumber
bacaan menjadi tantangan menarik bagi
program literasi berbasis kelas. Selain subsidi dari pihak sekolah juga
diharapkan kontribusi anggota komite kelas.
Setiap
orangtua siswa dapat memberikan sumbangan buku bacaan (fiksi dan non fiksi),
majalah, tabloid, dan lain sebagainya.
Tentunya buku dan sumber bacaan yang
memiliki nilai-nilai positif terhadap penumbuhan budi pekerti siswa.***