Tips Penting Buat Siswa Tinggal Kelas

Tips penting buat siswa tinggal kelas – Akhir tahun pelajaran selalu menyisakan cerita suka dan duka bagi siswa. Siswa yang berhasil dan naik kelas akan memulai kisah suka di awal tahun pelajaran.

Tidak demikian bagi siswa yang tinggal kelas. Memang, tidak ada siswa yang ingin gagal.  Tidak naik kelas atau tinggal kelas tak pernah diimpikan sejak semula oleh siswa. Namun tinggal kelas bisa saja terjadi oleh berbagai sebab.

Putus asa? Jangan, apalagi sampai berhenti sekolah. Jalan terbaik tetap bersekolah. Mengulang kembali di tingkat kelas yang sama. Anggap tidak naik kelas sebagai kesuksesan yang tertunda. Benar.

Meskipun di awal-awal sekolah terasa berat duduk dalam ruang kelas bersama dengan adik-adik kelas. Itu akan berlalu bersama perjalanan waktu. Di samping itu coba ikuti tips berikut ini bagi siswa yang mengulang di tingkat kelas yang sama.

1.Berniat untuk sukses

Pasang niat agar tidak terjadi lagi kegagalan untuk kedua kalinya. Orang buta tak mau terperosok pada lubang yang sama. Oleh sebab itu perbaharui niat agar sukses dan bertekad untuk belajar lebih baik.

2.Kumpulkan buku catatan tahun lalu

Semua buku catatan pelajaran tahun lalu segera dikumpulkan dan simpan baik-baik. Ketika mengulang kembali di tingkat kelas sama, materi pelajaran tahun pelajaran lalu tidak akan jauh berubah dengan tahun pelajaran ini.

3.Mengubah kebiasan buruk

Langkah selanjutnya segeralah mengubah kebiasaan dan perilaku menyimpang yang sering dilakukan tahun pelajaran lalu. Bukankah hal demikian termasuk menjadi penyebab tidak naik kelas?

4.Yakinkan orangtua

Kegagalan naik kelas tidak hanya ditanggung oleh siswa tetapi juga kedua orangtua. Oleh sebab itu tunjukkan secara nyata kepada orangtua untuk mengulang tahun pelajaran ini dengan lebih giat belajar dan mengubah kebiasaan buruk sebagai siswa.

5.Berdoa dan beribadah

Jika selama ini lalai beribadah segeralah tingkatkan dan selalu berdoa selesai ibadah. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh insyaalah doa itu akan makbul. Kemudian diikuti dengan upaya belajar dengan sungguh-sungguh sejak sekarang ini.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel