Keterkaitan Konsep Ciri Makhluk Hidup
Agustus 22, 2016
Keterkaitan konsep ciri makhluk
hidup – Konsep pelajaran IPA, terutama jenjang SMP/MTs
saling berhubungan satu sama lainnya. Di samping itu materi pelajaran eksakta
ini saling berkelanjutan.
Konsep
pelajaran IPA ( Fisika dan Biologi) yang dipelajari di kelas VII akan
dipelajari dan diperdalam pada tingkat kelas berikutnya.
Sebagai contoh, konsep
ciri makhluk hidup. Materi IPA Biologi ini akan dikembangkan di tingkat kelas
berikutnya, kelas VIII dan kelas IX.
Oleh
sebab itu, konsep dasar pelajaran IPA di kelas VII harus benar-benar pahami
oleh siswa. Namun kenyataannya, banyak siswa
yang kurang memperhatikan fakta
ini.
Kalau sudah naik kelas VIII, materi kelas VII dilupakan. Begitu pula kalau
sudah duduk di kelas IX, materi kelas VII dan VIII diabaikan.
Ketika
ditanya ciri-ciri makhluk hidup di kelas VIII atau kelas IX, sering siswa
merasa ragu dan kebingungan untuk menjawabnya. Padahal yang ditanya guru adalah
materi pelajaran kelas VII.
Pada
kesempatan ini, diungkap rahasia materi ciri makhluk hidup dan kaitannya dengan
pelajaran IPA Biologi kelas VIII dan IX.
Ada
9 ciri makhluk hidup seperti yang pernah dipelajari di kelas VII.
1.Bernapas
Pada
manusia, bernapas adalah proses pengambilan gas oksigen (O2) dan pengeluaran
gas karbondioksida (CO2). Konsep pernapasan ini ditemukan lagi di kelas VIII
melalui konsep sistem pernapasan.
Sementara di kelas IX, peristiwa pernapasan
ini berkaitan dengan pembahasan konsep sistem ekskresi.
Paru-paru menjadi salah satu organ ekskresi
disamping berfungsi sebagai alat pernapasan pada manusia. Paru-paru
mengeluarkan gas karbondioksida (CO2) dan uap air (uap H2O).
2.Bergerak
Semua
makhluk hidup melakukan gerak dengan alat gerak tertentu. Manusia bergerak
dengan sistem gerak seperti tulang, sendi dan otot. Ini dipelajari juga di
kelas VIII melalui konsep sistem gerak.
Selain gerak pada manusia, juga
dipelajari gerak hewan dan tumbuhan.
3.Memerlukan makanan
Makhluk
hidup memerlukan nutrisi yang bersumber dari lingkungannya. Proses pencernaan
makanan pada manusia dipelajari di kelas VIII melalui konsep Sistem pencernaan
makanan. Begitu pula pada hewan yang memiliki sistem pencernaan tersendiri.
4.Tumbuh dan berkembang
Ciri
makhluk hidup lain adalah tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan berkaitan dengan
volume atau kapasitas fisik. Sedangkan perkembangan berkaitan dengan proses
pendewasaan individu.
Hal ini dipelajari pada konsep pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup di kelas VIII.
5.Berkembangbiak
Ciri
makhluk hidup berkembangbiak akan diperdalam di kelas IX melalui konsep sistem
reproduksi manusia dan konsep perkembangbiakan makhluk hidup. Sistem reproduksi melibatkan organ reproduksi pria dan
wanita.
6.Peka terhadap rangsangan (iritabilitas)
Setiap
makhluk hidup memiliki kemampuan untuk menanggapi rangsangan luar. Topik ini
ditemukan di kelas IX dengan judul sistem koordinasi. Sistem koordinasi manusia
terdiri dari sistem saraf, sistem indra dan
sistem hormon.
7.Beradaptasi
Untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya, makhluk hidup dapat beradaptasi dengan
lingkungannya. Misalnya dengan adaptasi morfologis, fisiologis dan adaptasi
tingkah laku.
8.Koordinasi
Makhluk
hidup membentuk sistem koordinasi atau pengendalian oleh sistem saraf. Ini
ditemukan pada konsep sistem koordinasi dan sistem indra di kelas IX.
9.Ekskresi
Makhluk
hidup melakukan ekskresi (pengeluaran) sisa metabolisme tubuh. Sisa metabolisme
pada manusia dikeluarkan melalui defekasi, ekskresi dan sekresi. Materi ini
dijumpai di kelas IX dengan konsep sistem ekskresi pada manusia.***