Mengenal Absensi Pegawai dan Penyebabnya

Mengenal absensi pegawai dan penyebabnya - Absen berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu dari ‘absent’ yang berarti tidak hadir. Tapi dalam kehidupan sehari-hari kata absen bukan diartikan sebagai tidak hadir, tapi malah diartikan sebaliknya yaitu absen adalah hadir.

Absensi adalah pola kebiasaan ketidakhadiran atau kelalaian (alpa) dari tugas atau kewajiban. Secara tradisional, ketidakhadiran telah dilihat sebagai indikator kinerja individu yang malas, serta pelanggaran kontrak implist antara pegawai dan majikan, melainkan dilihat sebagai masalah manajemen dan dibingkai dalam hal ekonomi.


Sering tidak adanya dari tempat kerja merupakan perilaku yang menunjukkan moral yang buruk atau sindrom malas masuk. Namun, ada beberapa instansi yang menerapkan kebijakan yaitu memberikan kelonggaran bagi pegawainya yang melakukan absensi dikarenakan mengidap penyakit tertentu atau izin tertentu.

Namun ada juga instansi yang tidak mengizinkan karena pegawai mengidap penyakit yang ringan dan akibatnya, banyak pegawai merasa wajib masuk kerja saat sakit.

Kebanyakan pegawai memberikan alasan ketidakhadiran disebabkan oleh alasan medis dan membuat surat keterangan dokter atau bentuk lain dokumentasi untuk meyakinkan  dan biasanya dengan menelpon ke atasan agar menunjukkan itikad yang baik.

Penyebab pegawai melakukan absensi :

Yang sering melakukan absensi dikarenakan ia tidak puas dengan pekerjaannya, sehingga mereka sering melakukan absensi.  Model psikologis yang membahas ini adalah “penarikan model”, menganggap ketidakhadiran disebabkan oleh :

-Konflik antar pegawai yang terjadi di tempat kerja
-kondisi kerja yang tidak memuaskan
-Bentuk protes karyawan terhadap gaji yang tidak sesuai
-tidak adanya hal-hal yang memotivasi
-Tingkat stres yang tinggi
-Lingkungan kerja yang sebagian besar mempengaruhi individu kesehatan pegawai.

(*Penulis :Hadi Rahim)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel