Setiap Orang Bisa Menulis

Setiap orang bisa menulis - Sahabat matra pendidikan, kali ini kita akan membahas tentang menulis. Diawali dengan sebuah pertanyaan, apakah setiap orang dapat menulis? Nah, jawaban pertanyaan ini akan diungkap secara sederhana berikut alasannya.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Setiap orang pasti bisa menulis. Karena menulis itu sebenarnya mudah.

Syaratnya pun gampang.
Hanya modal membaca. Kalau sudah bisa membaca pasti akan mudah menulis. Lantas, mengapa banyak yang mengatakan bahwa menulis itu sulit?

Jawaban atas pertanyaan itu sangat sederhana, yakni karena setiap orang tidak tau cara menulis.

Ya, cara menulis itulah yang belum banyak diketahui. Inilah masalahnya. Oleh sebab itu orang yang belum mengetahui caranya, cenderung mengatakan bahwa menulis itu sulit.
Baca : Bila Menulis Kreatif Itu Susah
Padahal, kalau sudah tahu cara menulis, ia pasti akan berubah pikiran dengan mengatakan menulis itu gampang. Minimal, tidak sesulit yang dibayangkan sebelumnya.

Yang dimaksud dengan cara disini adalah dasar-dasar atau panduan awal dalam menulis. Kalau panduan dasar menulis sudah dikuasai maka proses menulis akan terasa gampang.
Baca juga: 5 Trik Memotivasi Siswa untuk Menulis
Menulis bisa kita ibaratkan dengan orang baru belajar naik sepeda. Yaitu perlu diajarkan dasar-dasarnya.

Misalnya, cara mengendalikan setang sepeda, cara mengayuh, dan cara menjaga keseimbangan badan.

Siapa pun bisa menulis di media massa, termasuk di internet, tak peduli status sosialnya apa. Menjadi penulis tidak harus sarjana, apalagi bergelar profesor doktor. Karena itu siapa pun anda berhak menjadi penulis.

Menulis-lah, tidak ada seorang pun yang bisa melarang anda untuk menjadi seorang penulis. Seorang penulis yang sukses tidaklah ditentukan oleh latar belakang pendidikan maupun status sosialnya.

Seseorang bisa disebut penulis atau tidak dikarenakan tulisannya. Semakin banyak seseorang menulis maka semakin terasah pikirannya.

Jika produktivitasnya bisa terjaga maka ia pun akan menjadi seorang penulis ternama. Bahkan tulisannya akan ditunggu-tunggu oleh pembaca.
Jangan lupa baca: 5 Tips Penting Memulai Menulis untuk Siswa
Itulah sekilas penjabaran tentang setiap orang bisa menulis. Semoga anda ingin menjadi seorang penulis, penulis ternama kalau perlu. Sekian terima kasih. (*Penulis : Firman Saputra)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel