5 Ciri Buku Catatan Pelajaran yang Baik
Januari 23, 2017
5 Ciri
buku catatan pelajaran yang baik – Buku catatan pelajaran sangat penting
artinya bagi setiap siswa. Pentingnya sebuah catatan pelajaran tidak hanya
sewaktu menghadapi ujian. Lebih dari itu, sebuah buku catatan pelajaran memuat
sejumlah pengetahuan penting bagi siswa.
Buku
catatan yang baik akan menjadi panduan bagi siswa untuk belajar di sekolah
maupun di rumah. Namun cukup banyak siswa yang kurang peduli dengan keberadaan
buku catatan pelajaran. Ada yang kurang lengkap isinya karena berbagai sebab,
tidak bagus dan kurang terawat, dan lain sebagainya.
Oleh
sebab itu pada kesempatan ini tidak salah kiranya dikemukakan ciri-ciri buku
catatan pelajaran yang bagus. Paling tidak uraian ini menjadi inspirasi bagi
siswa untuk selalu membenahi buku catatan pelajarannya.
Bagaimana
ciri catan pelajaran yang baik? Paling tidak ada 5 ciri buku catatan pelajaran
siswa yang dikatakan baik.
1.Lengkap dan cukup
Catatan
pelajaran yang baik harus lengkap, artinya memuat materi pelajaran yang
dijelaskan oleh guru mata pelajaran. Untuk mencukupi sebuah catatan pelajaran,
siswa harus mengikuti setiap pelajaran dengan baik.
Tidak
pernah absen atau bolos belajar agar tidak ketinggalan pelajaran. Setiap
belajar tidak malas mencatat materi penting yang diberikan guru. Jika memang
terpaksa berhalangan hadir di sekolah, maka usahakan untuk meminjam buku
catatan teman agar tidak ketinggalan materi pelajaran.
2.Bersih dan rapi
Catatan
pelajaran yang bersih lagi rapi akan membuat siswa betah, membuka maupun
membacanya. Bersih dan rapi tidak mesti tulisan pada buku catatan bagus. Bagus
tidaknya sebuah tulisan bersifat relatif.
Jangan
sekali-sekali mencoret sampul atau isi buku catatan pelajaran. Misalnya mencari
hasil perkalian atau tulisan lain yang tidak berkaitan dengan materi pelajaran.
Untuk keperluan ini ada baiknya siswa menyediakan buku khusus buram.
Buku
catatan jangan dilipat atau di taruh di sembarang tempat. Sebaiknya buku
catatan dimasukkan dalam tas jika sudah dipakai. Jangan lupa memberi sampul
yang bagus agar betah siswa membacanya.
3.Inti sari pelajaran
Buku
catatan pelajaran bukanlah salinan materi pelajaran pada buku teks pelajaran.
Buku catatan merupakan ringkasan atau rangkuman materi pelajaran yang disalin
ketika guru menerangkan pelajaran di kelas.
Buku
catatan pelajaran tidak dicampuradukkan antara satu mata pelajaran dengan mata
pelajaran lain. Buku catatan pelajaran yang bagus bersifat spesifik. Tidak
berisi jawaban tugas atau latihan maupun mata pelajaran lain. Jawaban tugas
atau latihan sebaiknya dibuat pada buku lain.
4.Dipahami oleh siswa
Mudah
dipahami? Bukankah siswa itu sendiri yang mencatat materi pelajaran? Ya, ada
juga siswa yang tidak memahami materi pelajaran yang sudah dicatatnya. Artinya,
siswa hanya sekadar mencatat materi pelajaran ke dalam buku catatan
pelajarannya.
Keberadaan
buku catatan sama dengan sebuah panduan atau pedoman untuk menghadapi persoalan
belajar yang diberikan oleh guru. Oleh sebab itu, siswa perlu memahami apa yang
telah dicatatnya pada buku pelajaran.
5.Mudah ditemukan
Mudah
ditemukan artinya, jangan sampai siswa tidak mengetahui keberadaan buku
catatannya sendiri. Mungkin karena lalai atau kebiasaan terhadap buku catatan,
ditaruh di sembarang tempat. Akibatnya siswa merasa kehilangan, atau buku
catatannya memang benar-benar hilang.
Mudah ditemukan juga diartikan materi yang dibutuhkan sewaktu-waktu mudah ditemukan meskipun buku tersebut tidak memiliki nomor halaman.
Itulah
5 poin penting ciri-ciri sebuah buku catatan pelajaran yang baik. Dengan terpenuhi
kelima ciri tersebut, keberadaan buku catatan memang benar-benar memenuhi
kebutuhan siswa dalam mengikuti suatu mata pelajaran di sekolah maupun di
rumah.***