Tak Satupun Metode Mengajar Paling Bagus (?)
Maret 15, 2017
Tak satupun metode mengajar paling bagus (?) – Bagi
anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan. Khususnya sebagai
pendidik lembaga sekolah/madrasah, pernyataan seperti judul artikel ini tidak
akan terasa asing lagi. Tidak
satu pun metode mengajar paling bagus dalam pembelajaran!. Ini bukan berarti
tidak ada metode yang dapat dipakai oleh guru untuk mengajar.
Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.id)
Seperti
diketahui sudah banyak macam dan ragam metode pembelajaran yang dapat dipilih
dan digunakan oleh guru untuk mengajar.
Mulai dari metode yang bersifat klasik
dan konvensional sampai metode yang dianggap progresif.
#Pembelajaran di ruang kelas
Pembelajaran
merupakan proses belajar dan mengajar yang berlangsung di ruang, tempat dan
waktu yang sama. Ketika guru mengajar, saat itu pula siswa belajar.
Proses
tersebut bersifat dinamis, artinya dalam pembelajaran terjadi interaksi dimana
terjadi hubungan komunikasi timbal balik antara siswa dengan guru, siswa dengan
siswa dan siswa dengan sumber belajar.
Siswa
memiliki strategi dan teknik serta cara untuk belajar. Begitu pula dengan guru.
Guru perlu menggunakan strategi, teknik dan metode dalam mengajar.
Dalam
pembelajaran, strategi, teknik dan metode mengajar lebih dikedepankan. Hal ini
cukup beralasan karena gurulah mengelola seluruh kegiatan pembelajaran.
Metode
mengajar adalah teknik atau cara yang digunakan oleh guru dalam mengajar.
Banyak jenis metode yang sudah dicobakan guru dalam mengajar.
Mulai dari metode
konvensional seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab sampai metode yang handal
merangsang kreativitas siswa dalam belajar.
Metode
mengajar pilihan guru telah diperhitungkan terlebih dulu melalui berbagai
pertimbangan. Misalnya, bagaimana karakter materi pelajaran yang akan
disampaikan pada siswa, jumlah siswa dalam satu kelas, ketersediaan sarana dan
prasarana pembelajaran dan faktor lainnya.
Metode
eksperimen dianggap paling bagus digunakan dalam pembelajaran. Namun pilihan
itu menjadi tidak bagus jika disekolah tidak tersedia sarana pembelajaran
untuk melaksanakan eksperimen.
#Metode yang sesuai
Justru
metode ceramah akan efektif dipilih dan digunakan jika karakter materi
pelajaran membutuhkan penjelasan berupa ceramah dan informasi.
Jika demikian,
dapat dikatakan bahwa tidak ada metode pembelajaran yang dianggap paling bagus
kecuali metode yang sesuai dengan kondisi sekolah, karakter materi pelajaran
dan karakter siswa.
Baca juga : Teknik Mengajar Gado-gado dan Manfaatnya
Disinilah
pentingnya guru memilih dan mempertimbangkan metode yang sesuai sebelum
mengajar.
Pemilihan dan pertimbangan metode tersebut tertuang dalam perangkat
pembelajaran yang sudah dibuat oleh setiap guru.***