Lokakarya di SMPN 4 Lintau Buo Berlangsung Sukses

Lokakarya di smpn 4 lintau buo berlangsung sukses – Bertempat di ruang laboratorium IPA, majelis guru SMPN 4 Lintau Buo mengadakan lokakarya menyambut tahun pelajaran 2017/2018. Dalam kondisi berpuasa, para peserta lokakarya serius mengikuti pemaparan narasumber, Sabtu (10/6/17).

Rosyid Mahmudi SPd MPd didampingi Fauzi SPd saat memaparkan sistem penilaian Kurikulum 2013 (matrapendidikan.id)

Kepala SMPN 4 Lintau Buo, Fauzi SPd membuka lokakarya secara resmi dengan menyampaikan pentingnya para guru mengikuti lokakarya.

Selain untuk mengetahui dengan jelas program kegiatan pembelajaran, para peserta akan mendapat pencerahan dari narasumber lebih spesifik.
 Baca : Kegiatan Lokakarya Sekolah
Seperti diketahui sebelumnya, 10 orang guru mata pelajaran yang akan menerapkan kurikulum 2013 (Kurtilas) telah dikirim mengikuti Bimbingan Teknis Kurtilas di kota Batusangkar selama 5 hari.

SMPN 4 Lintau Buo baru akan menerapkan Kurtilas pada tahun pelajaran 2017/2018 untuk kelas VII.

"Dengan mengikuti pemaparan narasumber lebih spesifik, guru akan memahami bagaimana cara pengisian penilaian dalam aplikasi penilaian yang ada," jelas Fauzi SPd.

Sementara itu, Rosyid Mahmudi SPd MPd menjadi narasumber tunggal dalam lokakarya tersebut. Pengawas Satuan Pendidikan Kabupaten Tanah Datar tersebut memaparkan secara rinci dan menarik sistem penilaian dalam Kurikulum 2013.

Foto : Peserta lokakarya Kurtilas sedang memperhatikan dengan cermat pemaparan narasumber (matrapendidikan.id)


Pengawas yang juga pakar dalam bidang aplikasi penilaian ini, juga menggiring para peserta bagaimana mengisi nilai siswa kepada aplikasi yang sudah ada. 

Aplikasi penilaian yang dicontohkan adalah aplikasi penilaian mata pelajaran dan aplikasi pengisian rapor untuk wali kelas.

Pada kesempatan lain, pemerhati masalah pendidikan anak, Edi Syamsul mengemukakan bahwa seorang guru profesional, mau atau tidak harus familiar dengan perangkat IT (information of technology).

Begitu pula wali kelas, perlu menguasai betul seluk-beluk penggunaan komputer/laptop dan aplikasi pengolahan nilai yang ada.

Penguasaan yang baik terhadap unit PC (personal computer) akan memudahkan para guru untuk meng-entri dan mengolah nilai siswa (Sikap, Pengetahuan dan keterampilan) dengan cepat dan akurat.

Selama ini, pengolahan nilai secara manual membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga telah mengganggu tugas guru, dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembelajaran.
Simak kembali : Mengefektifkan Lokakarya Sekolah
Lokakarya hari pertama tersebut dipandu oleh Jab Sri Arinda SPd (Waka Kurikulum) dan Ropi’u SPd (Waka Kesiswaan). (Tim matrapendidikan.com) ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel