Pengertian Pesawat Itu, Apa Sih?

Pengertian pesawat itu, apa sih? - Teman-teman sahabat muda pengunjung blog matra pendidikan., Kali ini Fauzia datang lagi tapi ngomongin soal pesawat nih. Teman-teman tahu nggak apa itu pesawat?

Kenapa ya, ada sebutan pesawat televisi, pesawat telepon, dan pesawat radio juga? Sebenarnya pengertian pesawat itu apa, sih?

Mungkin dari sebagian sobat muda menjawab, "Pesawat itu adalah sarana transportasi udara". Memang benar, pesawat merupakan salah satu sarana transportasi, khususnya udara. Konotasinya adalah pesawat (kapal) terbang.

Tetapi, itu bukanlah pengertian pesawat yang sebenarnya. Pengertian pesawat seperti itu terlalu sempit.  Nah, teman muda, penasaran bukan dengan pengertian pesawat?. Ok, mari kita simak uraian berikut:

Teman muda, pesawat dalam definisi yang paling sederhana adalah alat bantu untuk memudahkan seseorang dalam melakukan kegiatan atau melaksanakan pekerjaannya. Dengan pengertian ini, pesawat terbagi dua. Ada pesawat sederhana dan ada pula pesawat canggih atau rumit.

Pesawat sederhana yaitu alat bantu kerja manusia yang bentuknya sederhana. Contohnya:  tuas, katrol, dan bidang miring. Adapun pesawat canggih atau rumit adalah pesawat yang terdiri dari  komponen beberapa pesawat rumit. Contohnya: pesawat terbang, pesawat televisi, dan pesawat telepon.

Ternyata sobat muda,  pesawat itu bukan hanya sebutan untuk pesawat terbang aja. Nggak salah kalau televisi disebut juga pesawat televisi, dan telepon disebut juga pesawat telepon.

Televisi itu bisa dikatakan pesawat (canggih) karena termasuk media informasi, sebagai penerima siaran gambar bergerak dan suara. Televisi asal katanya yaitu tele yang artinya jauh dan vision  yang artinya penglihatan.
Nah, sampai disini dulu teman muda pengunjung matrapendidikan.com.  Sudah tahu ya, pengertian pesawat itu apa. Semoga pembahasan dalam artikel diatas bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dari saya dan terima kasih. (*Penulis : Fauzia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel