Melongok Prosesi Api Unggun Persami Pramuka (Bagian- 2)

Melongok prosesi api unggun persami pramuka (bagian- 2) – Api unggun menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan perkemahan pramuka. Baik pada iven Perjusami (Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu) maupun Persami (Perkemahan Sabtu dan Minggu).

Penyalaan api unggun dilaksanakan pada malam terakhir perkemahan dan dilakukan pukul 24.00.

Sebelum penyalaan api unggun telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Hal itu juga terjadi pada kegiatan Persami Pramuka Kwarran 04 10 Lintau Buo.

Seperti yang diinfokan Rahid Sikumbang kepada admin matrapendidikan.com, usai shalat wajib Magrib, peserta persami mengikuti kegiatan ceramah yang disampaikan oleh ustad Drs. Maswardi dari Batusangkar.

Dalam ceramahnya dihadapan anggota pramuka peserta persami, ustad mengangkat tema ceramah, Peran generasi Muda Islam dalam mengisi Kemerdekaan RI.

Selesai ceramah agama, kegiatan selanjutnya adalah penampilan minat dan bakat peserta persami.

Penampilan minat dan bakat diawali dengan tampilan “Trio Guru Kesenian” Elfianti SSn, Herlina Suryati SPd dan Nofrianti SPd.

Trio guru kesenian membawakan lagu Minang  “Bareh Solok” dan lagu Dangdut “Goyang Dumang” dengan diiringi musik keyboard Aldo Musik dari Lubuk jantan.

Hamdi si "Anak Hits" tampil memukau pada acara penampilan minat dan bakat (matrapendidikan.com)

Yang menjadi perhatian penonton adalah penampilan siswa yang mewakili SDN 01 Pangian.

Hamdi, yang dijuluki “Anak Hits” siswa kelas 5 SDN 01 Pangian itu membawakan lagu Merah Putih dengan cukup manis dan memukau para penonton.

Ternyata Hamdi, anak Asrul A dengan Barilas adalah mantan Peserta Talenta Kids 3 2017 Tanah Datar.

Pada momentum tersebut, Hamdi si Anak Hts yang tinggal di Galapuang Jorong Koto Gadang, Pangian meraih Juara Harapan 2. .

Usai penampilan minat dan bakat peserta persami dari 16 kontingen dilanjutkan dengan prosesi penyalaan api unggun.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan Dasa Darma Pramuka dilanjutkan dengan penyulutan api unggun tepat pukul 24 WIB disertai dengan nyanyi lagu "Syukur" sambil perlahan menjauhi api unggun.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel