Tips Mengefektifkan Belajar Kelompok di Rumah
Agustus 15, 2017
Tips mengefektifkan belajar kelompok
di rumah – Banyak
metode belajar yang dapat dilaksanakan oleh siswa. Salah satunya adalah metode
belajar kelompok. Metode belajar ini dianggap bagus diterapkan di sekolah maupun
di rumah.
Dianggap
bagus karena metode belajar kelompok mudah diterapkan dan memiliki manfaat
penting bagi kemajuan belajar siswa.
Manfaat belajar kelompok berkaitan dengan
pengembangan berbagai pengetahuan, wawasan, sikap dan tingkah laku serta keterampilan
siswa.
#Manfaat metode belajar kelompok
Manfaat
belajar kelompok di rumah dapat dilihat dari aspek berikut ini:
1.Pemahaman dan penguasaan materi
pelajaran
Belajar
kelompok di rumah berpotensi untuk mengembangkan pemahaman siswa terhadap
materi pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah.
Dalam suatu kelompok
siswa, pemahaman dan penguasaannya akan berbeda. Melalui diskusi kelompok siswa
dapat saling berbagi dan menyamakan pandangan terhadap materi pelajaran.
2.Kemampuan berkomunikasi
Metode
belajar kelompok tidak luput dari unsur komunikasi dalam kelompok.
Dalam
mengerjakan tugas rumah atau memecahkan suatu persoalan belajar akan
membutuhkan komunikasi antara satu dengan yang lainnya dalam kelompok.
Kemampuan
berkomunikasi yang baik akan terlatih melalui pembiasaan yang dilakukan oleh
siswa dalam kelompoknya.
Komunikasi yang terjadi boleh saja dalam bentuk debat
namun debat tersebut dilaksanakan secara sehat dan suasana gembira.
3.Sikap sosial dan gotong royong
Diskusi
kelompok mengandung unsur sosial dan gotong royong. Dalam kelompok diskusi akan
terjadi saling berbagi ilmu pengetahuan.
Selain itu terdapat nilai sikap gotong
royong dalam memecahkan persoalan belajar. Bekerja sama dalam mengerjakan tugas
atau pekerjaan rumah.
#Mengefektifkan metode diskusi kelompok
Mengefektifkan
metode belajar kelompok sangat penting dilakukan oleh siswa. Tujuannya agar
belajar kelompok di rumah lebih tepat guna untuk mencapai tujuan diskusi
kelompok.
Untuk
mengefektifkan pelaksanaan metode kelompok diperlukan tindakan berikut ini:
a).Anggota
kelompok sebaiknya siswa dengan rumah tempat tinggal yang tidak terlalu
berjauhan.
b)
Jumlah
anggota kelompok antara 3 sampai 5 siswa
c) Tetapkan
batas waktu untuk berdiskusi agar diskusi berjalan tepat waktu
d)
Memiliki
skedul dan langkah diskusi kelompok, misalnya tahap pertama membaca materi tugas, pembagian tugas, serta tahap diskusi
e) Sebaiknya
melibatkan orangtua anak tempat dimana siswa berdiskusi.
Orangtua
siswa yang jadi tuan rumah diskusi kelompk perlu memberikan motivasi dan
fasilitas yang diperlukan anak untuk belajar dalam diskusi kelompok.
Mendukung agar
rumahnya menjadi tempat belajar bersama oleh anak .
Selanjutnya,
orangtua perlu melakukan pengawasan terhadap anak yang belajar kelompok.
Alasan
yang logis adalah agar waktu belajar kelompok tidak dimanfaatkan oleh anak
untuk kegiatan lain. Misalnya, ngegosip atau ngobrol ngelantur kemana-mana.
Demikianlah strategi mengefektifkan
metode belajar kelompok di rumah. Semoga artikel ini menjadi bahan inspirasi
bagi siswa maupun orangtua siswa.***